M-nya MTI Manajemen?

Kuliah di MTI UI memang unik. Bernaung di dalam Fakultas Ilmu Komputer, MTI mempunyai karakteristik yang membuat saya berpikir ini "M"-nya "Magister" atau "Manajemen". Lho bukannya di dokumen legal tulisannya "Magister"? Iya memang... Tapi di lapangan teori tersebut juga 'direcoki' kenyataan bahwa unsur manajemen sangat dalam perkuliahan MTI.

Pertama dari segmen mahasiswa yang mayoritas ada di lingkup manajerial. 
Di MTI, yang kuliahnya malah hari, dihuni oleh sosok-sosok yang mayoritas sudah berkarir dengan jenjang saat ini di ranah pucuk pimpinan proyek serta manajerial medium dan atas. Sebagai contoh, di kelas saya jumlah programmer kurang lebih hanya 3. Sosok PM malah ada beberapa. GM pun ada. Artinya segmen mahasiswa MTI memang dicondongkan ke mereka yang sudah menyelami pengalaman berproyek TI.

Kurikulumnya juga manajerial banget. 
Pernah mendengar komentar teman yang baru masuk MTI "ini mata kuliah apa sih". Komentar itu ditujukan terhadap matkul PMRPL atau SEPM. Matkul yang mengulas CMMI sebagai bagian dari standardisasi kualitas proyek. Bagi yang terlibat proyek TI di perusahaan yang skala kecil, apalagi alumnus yang freshgraduate, tentu asing dengan istilah ini. Apalagi dengan kerangka berpikir "capability level" yang langka ditemukan dal proses "ngoding". Itu baru semester 1. Semester 2? Siap-siap berakting layaknya CIO dan CTO di dalam kuliah MIK/CIM, PSSI/SPIS dan PITI/ITID. Jangan berharap mahir ngoding di semester 2. Ini mata kuliah manajerial. Semester 3? Di sini terang-terangan dilabelkan nama mata kuliah "manajemen", yaitu Mj. Risiko, Mj. Investasi TI, Mj. Pengetahuan, Mj. Perubahan+Proyek TI. Dan sudut pandang di semua kuliah itu adalah top management.

Dosen-dosen yang Berpengalaman di Ruang Manajemen. 
Ini jelas pendorong yang inspiratif. Tentu saja, banyak proyek yang melibatkan dosen-dosen MTI dimana proyeknya bukan ngoding, tapi urusan manajemen. Konsultasi tata kelola, penyusunan renstra, analisis keamanan informasi dll, merupakan santapan yang "biasa" bagi dosen-dosen MTI. Alhasil pengetahuan manajemen dosen-dosen pun meningkat. Nah, yang namnya dosen tentu naluri berbagi ilmubya tinggi. Maka dengan lancarnya pengetahuan manajemen sangat lancar dibagikan kepada mahasiswanya

500 meter dari Magister Manajemen FEUI. 
Ini pengaruh nggak ya? Hehee. Kebetulan gedung Fasilkom yang MTI jaraknya kurang dari 500 meter dari MMFEUI. Aura bermanajemen tampaknya meradiasi hingga gedung ini.

No Response to "M-nya MTI Manajemen?"