Menilik Definsi Strategi

Ritson, 2011
Strategi berkaitan dengan area yang luas pada sebuah operasional perusahaan. Tujuan dari strategi adalah menyediakan sebuah kerangka kerja yang akan lebih didetailkan pada rencana taktis dan aksi.

Tse, 2010
Strategi adalah rencana manajemen tingkat tinggi untuk mencapai hasil yang konsisten dengan misi dan tujuan organisasi

Cockburn, Henderson, & Stern, 2001)
Strategi mengacu pada rencana manajemen tingkat tinggi untuk mengembangkan dan menyokong keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif sendiri memiliki makna kondisi dimana sebuah kesuksesan strategis sebuah perusahaan tidak dapat ditiru dengan mudah oleh kompetitornya.


Ternyata ada kesamaan definisi pada fungsi untuk mendukung organisasi. Bahkan pada definisi Cockburn, Henderson, & Stern, ditekankan bahwa strategi bersifat unik sebagai penyokong keunggulan kompetitif. Maka, peneliti menarik definisi strategi dari ketiga definisi di atas, yaitu rencana yang dipergunakan oleh manajemen tingkat tinggi untuk mencapai tujuan dari sisi operasional dan keunggulan kompetitif.

Ritson juga menjelaskan tiga jenis strategi yang sering dipergunakan,

  • Strategi korporasi (corporate strategy), yaitu strategi yang berkaitan dengan rumusan masa depan serta struktur perusahaan dan berdampak pada rasionalitas perusahaan dan bisnis untuk ditujukan untuk bersaing.
  • Strategi kompetitif atau bisnis (competitive or business strategy), yaitu strategi terkait produk atau jasa yang sebaiknya dikembangkan sesuai kebutuhan pasar dan konsumen untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Strategi operasional atau fungsional (operational or functional strategies), yaitu strategi yang dipergunakan untuk menciptakan diferensiasi atau keunikan bisnis, khususnya dari sisi pemasaran, produksi, dan finansial) yang mendukup strategi korporasi dan bisnis. Strategi ini sifatnya lebih ke area teknis.


No Response to "Menilik Definsi Strategi"