5 Hari lagi dan ... [Entah sampai Tanggal Berapa]

 Lima hari lagi Indonesia bakal memulai kiprahnya di turnamen AFF 2016 melawan Thailand. Edisi AFF ini benar-benar penuh keterbatasan, praktis hanya AFF 2012 yang kondisinya lebih memprihatinkan. Dibandingkan dengan edisi AFF lainnya, jelas bukan situasi yang ideal. Faktor yang ditengarai sebagai pangkalnya tentu ekosistem kompetisi yang antara jalan santai dengan jalan di tempat. ISL vakum setahun lebih dan hanya disubtitusi lewat sejumlah turnamen sampai dengan eksistensi ISC. Eksistensi turnamen berdampak pada stamina pemain sekaligus konsistensi yang labil. Nasib timnas seharusnya membaik saat ada ISC, kompetisi penuh berjangka nyaris setahun. Tapi kebijakan aneh justru menyeret klub-klub pada 'kuota' yang tidak jelas maksudnya. Kini, semua klub peserta ISC dibatasi maksimal menyetor 2 orang pemain ke timnas. Kebijakan paling aneh yang belum pernah ada dibelahan bumi manapun, setahu saya. Alasannya sederhana, ISC enggan menjeda kompetisi. Sikap egois yang sangat janggal, bahkan sebetulnya tidak memberi solusi terkait puasa prestasi timnas.

Ramuan tim inti sudah mulai teraba dari berbagai uji coba. Beberapa nama sudah mulai menggenggam tiket virtual di starting-eleven, misalnya Kurnia Meiga, Rudolf Yanto Basna, Fachrudin, Benny Wahyudi, Evan Dimas, Andik, Zulham Zamrun, Irfan Bachdim, hingga Boas Solossa. Nama-nama lainnya siap menyeruak sebagai pemecah kebuntuan seperti Rizky Rizaldi Pora, Lerby Eliandry Pong Babu, Bayu Gatra, Bayu Pradana, Hansamu Yama. Kita lihat apakah eksistensi peraih medail AFF U-19 2013 bisa mulai 'dipanen' pada gelaran AFF tingkat senior ini atau tidak.

Berbagai, ah rasanya tidak lebih dari 5, sulit menyebut timnas sudah layak bertanding. Tapi tidak mungkin menunda turnamen hanya karena timnas Indonesia belum siap. Lima hari lagi, kawan, raupan poin 3 angka jelas tugas berat lantaran Thailand memiliki stabilitas permainan yang di atas rata-rata timnas lain di ASEAN. Tapi naif rasanya jika belum berlaga sudah menyerah, itu bukan krakter bangsa ini.

No Response to "5 Hari lagi dan ... [Entah sampai Tanggal Berapa]"