Review LiTIK Sesi 5

Materi kelima perkuliahan Literasi TIK adalah Membangun Pengetahuan. Hmmm, jujur untuk materi ini saya perlu bekerja keras karena ada beberapa konsep yang merupakan 'barang baru' bagi saya. Mau tidak mau saya menilik materi manajemen pengetahuan yang kebetulan tidak sempat saya ambil saat di MTI-UI. Oh ya, di awal materi saya dan mahasiswa ber-CLBK lagi dengan terminologi data-information-knowledge-wisdom karena kami perlu menetapkan pemahaman yang sama tentang maksud dari pengetahuan.



Agar lebih mudah, saya memanfaatkan sepasang video yang diterbitkan oleh Good News From Indonesia tentang keberagaman Bangsa Indonesia. Kebetulan di dalam video tersebut, ada sejumlah statistik yang merupakan penjelmaan dari data dan informasi. Alhasil mahasiswa dapat disuguhkan apa sih bentuk dari pengetahuan tersebut, tentunya selain suguhan desain visual yang kece hehee.


Tahap kedua dari materi ini terus terang agak berat, yaitu pemodelan pengetahuan. Saya perlu beberapa hari sebelumnya melahap maksud dari tiap jenis pemodelan yag disinggung di materi ini. Tentunya berbagai contoh/analogi juga perlu saya suguhkan agar mereka tdak bengong dengan apa yang saya ocehkan. Tak lupa saya berpesan bahwa ulasan kali ini bakal disambung dalam sebuah mata kuliah khusus, yaitu manajemen pengetahuan.

No Response to "Review LiTIK Sesi 5"