Setelah hanya 1 Poin

1 poin setelah 2 laga merupakan rekor terburuk Indonesia di pentas Piala AFF. Bahkan dibandingkan edisi 2012 yang statusnya paling tidak siap pun, edisi tahun ini lebih memprihatinkan. Kini Indonesia di ujung tanduk. Tidak ada pilihan lain untuk lolos selain menang atas Singapura DAN Filipina dikalahkan oleh Thailand. Sekali lagi tidak ada pilihan lain.

Permainan Indonesia di dua laga kemarin memang masih jauh dari harapan. Apalagi 5 gol yang sudah bersarang di gawang Indonesia sebagian besar lahir dari situasi yang tidak perlu alias ada unsur blunder internal. Rasa-rasanya raihan 4 gol yang sudah ditorehkan ke gawang lawan menjadi terkesan biasa. PR yang harus segera dicari solusinya karena di laga ketiga nanti Singapura pun kondisinya tidak lebih baik dari Indonesia

Thailand sudah pasti lolos sebagai juara grup dengan mencaplok 6 s.d. 9 poin. Mereka tidak ada kepentingan lain di laga ketiga melawan Filipina nanti selain gengsi sebagai raksasa sepak bola ASEAN. Indonesia baru mampu mengais 1 poin dengan minus dua gol. Singapura pun hanya mampu mereguk 1 poin dengan minus 2 gol. Sementara itu, Filipina sedikit lebih beruntung dengan 2 poin serta selisih gol yang impas. Mari kita utak-atik kemungkinan yang ada.

Indonesia harus lolos dengan cara menang berapapun skornya atas Singapura, sedangkan Filipina kalah atas Thailand berapapun skornya. Tidak ada opsi lain karena jika salah satu tidak terpenuhi, maka Indonesia sudah pasti hanya jadi penonton di babak semifinal nanti. Singapura pun memiliki syarat yang hampir mirip, yaitu menang berapapun skornya atas Indonesia dan sisi lain Thailand menang berapapun skornya atas Filipina. Jika yang terjadi adalah Indonesia hanya bisa meraih hasil imbang alias total poin 2, maka Filipina menjadi tim yang lolos, bahkan jika mereka kalah atas Thailand selama skornya hanya 0-1. Kemungkinan ini terjadi karena dengan poin yang sama-sama 2, Filipina punya tabungan gol lebih baik daripada Indonesia serta Singapura. Tapi jika Filipina kalah telak atas Thailand, minimal selisih dua gol, maka Singapura cukup meraup hasil imbang atas Indonesia.

Filipina, Indonesia, dan Singapura, tiga tim yang hasil 'perbuatan' di laga ketiga nanti akan saling memengaruhi. Tidak ada yang bisa bernafas lega setelah 90 menit yang dilaluinya karena harus menengok skor di laga sebelahnya. Misal Indonesia atau Singapura menang, maka total poin 4 bakal nirmakna jika Thailand justru mampu ditekuk oleh Filipina yang mengoleksi 5 poin.

No Response to "Setelah hanya 1 Poin"