Review LiTIK Sesi 4

Materi keempat perkuliahan Literasi TIK adalah Pengelolaan Informasi. Jika di pertemuan sebelum titik strategisnya adalah bagaimana manusia menangkap informasi, maka di materi kali ini titik tersebut berada pada kajian mengenai bagaimana manusia megelola informasi yang telah ditangkap tersebut. Pengelolaan yang bagian pertama menyinggung proses pengumpulan dan penyimpanan informasi. Pada bagian awal, diulas sedikit tentang metode-metode pengumpulan data, mulai dari kuesioner, wawancara, hingga kajian literatur. Pada akhirnya, konteks Literasi TIK menjadi arah pembicaraan sehingga data dan informasi yang dibahas pun patut ditujukan pada konteks digital.


Materi ini mulai 'keras' saat membahas proses evolusi website dari masa 1.0, 2.0, hingga kini 3.0. Sebagai contoh, saya menyodorkan beberapa website tentang pariwisata. Oh ya, karena yang saya ajar adalah mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri, maka juga menyelipkan pancingan bagi mereka untuk berpikir bagaimana makna perkembangan/evolusi website tersebut dari sisi bisnis.



Materi ini juga meyinggung tentang kerahasiaan informasi. Topik kali ini tentu menarik karena dalam beberapa kesempatan proyek, saya kerap berurusan dengan keamanan informasi yang tentu terkait erat dengna jargon 'kerahasiaan informasi'. Saya sempatkan diri untuk menyelipkan bahasan tentang metode autentikasi pada keamanan informasi, yaitu something you know, something you have, something you are, serta kombinasinya. Agar makin jelas, saya ajak mereka menyebutkan penerapannya dalam keseharian, misalnya akun di bank, akun di dunia digital.  Materi ini saya tutup dengan bahasan mengenai alat kolaborasi di dunia digital alias collaboration tools. Di sini saya terus terang mengalami kesulitan karena bagi sebagian mahasiswa, benda macam dropbox, google drive, ternyata agak asing. Maka eksistensi praktikum di luar jam kuliah saya jadikan sebagai wahana untuk mengenalkannya secara teknis.



No Response to "Review LiTIK Sesi 4"