Review LiTIK Sesi 6

Materi teoritis pamungkas dari Literasi TIK ini adalah Aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, Etika dan Legal dalam Penggunaan Informasi. Ini adalah materi terakhir sehingga saya maksimal penjelasan dengan menyinggung berbagai contoh nyata yang ada dalam keeharian, tentnya tanpa bermaksud untuk tidak maksimal dalam materi-materi sebelumnya. Aspek etika menjadi suguhan perdana di materi ini. Di sini beberapa etika penggunaan informasi dalam dunia digital dipaparkan dengan rujukan utama dalam buku Netiquette karya Virginia Shea serta RFC 1855. Terus terang saya menahan diri agar tidak 'curhat' tentang kelakukan beberapa oknum yang kurang sopan dalam mengajukan pertanyaan dalam menjapri saya via wa ataupun email. Nanti dikira titipan sponsor yang baper heheee. Oh ya, diulas pula tentang situasi di Universitas Telkom yang sempat mengalami kasus beda pemahaman mengenai mengemukakan kritik terhadap kampus melalui media sosial. Untuk urusan ini tampaknya, kampus perlu menetapkan standar yang konkret dan sesuai dengan perkembangan zaman.



Selanjutnya di aspek legal, saya menghadirkan beberapa regulasi yang menyinggung penggunaan ifnormasi, khususnya yang berkaitan dengan informasi di dunia digital. Pertama UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai manifestasi Indonesia sebagai negara yang demokrasi dan transaparan dalam siklus informasinya, tentunya di luar jenis jenis informasi rahasia, yaitu rahasia negara, rahasia individu, serta rahasia bisnis. Kedua UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagai titik acuan awal bagaimana informasi elektronik alias informasi yang ber-sliweran di dunia digital perlu diolah secara aman. Ketiga regulasi yang khusus berlaku di Kementerian Keuangan tentang bagaimana penyimpanan dan pengelolaan data di kementerian tersebut. Tak lupa disinggung pula tentang fenomena cyber crime alias kriminal yang berkaitan dengan dunia digital serta fenomena plagiat di dunia digital.


Ulasan mengenai aspek etika dan legal memang sangat banyak sehingga apa yang dibahas terkait aspek ekonomi serta sosial-budaya tidak terlalu banyak. Aspek ekonomi menyinggung berharganya informasi ditinjau dari nominal uang, bisa karena faktor jual-beli secara langsung maupun faktor tidak langsung seperti hilangnya data karena bencana alam atau dicuri. Aspek sosial-budaya lebih saya tekankan bahwa dalam ekosistem masyarakat tertentu, boleh atau tidaknya informasi yang beredar akan berbeda-beda. Sebagai contoh mahasiswa STIN yang paling banter hanya tampak punggung di website-nya, sedangkan mahasiswa STAN masih tampak muka.

No Response to "Review LiTIK Sesi 6"