Mengisi Masa Depan [1]

Kemarin terjadi obrolan para lelaki. Tapi jangan salah... kite-kite kagak ngomongin yang jorok-jorok ko :p
Yang diobrolkan tentang mau seperti apa sih mahasiswa harusnya dalam menentukan karier di kampus IT Telkom.

Pertama ada seseorang yang ragu tentang mau ikut suatu kepanitiaan ataukah tetap fokus di lab. Kemudian ada pula (kalo yang ini umumnya terjadi pada adik-adik tahun pertama/kedua yang masih haus ikutan ini itu anu. Dari berbagai obrolan yang ngalor-ngidul, semoga beberapa teknik berpikir berikut bisa dikembangkan dalam menentukan pilihan

  • Buatlah daftar resiko
Misalnya kasus di atas, buatlah tabel dua kolom, yaitu "bila fokus lab", satunya "bila nyambi panitia", kemudian isi di tiap kolom apa saja yang akan terjadi (baik sifatnya positif maupun negatif) bagi dirimu, bagi kepanitiaan tersebut dan bagi lab tersebut. Maka akan didapatkan daftar resiko. Resiko-resiko itulah yang menjadi gambaran apa yang akan kamu hadapi. Berikut kembalikan ke dirimu sendiri, mana yang terbaik (at least) versimu.
  • Buatlah masterplan kariermu di kampus ini
Awali dengan menggambar kotak sejumlah semestermu di IT Telkom (asumsikan normalnya S1 8, D3 6). Kemudian buat daftar di luar kotak tersebut berisi organisasi apa saja yang ingin kamu ikuti di IT Telkom, misalnya ingin ikut panitia PDKT, ikutan BEM, ikutan himpunan, ikutan UKM, atau apalagikah. Buat juga daftar kegiatan riset yang ingin diikuti, misalnya ingin ikut lomba Inaicta, Gemastik, ikutan call of paper, ikutan lab dan sejenisnya. Tulis pula target lain, misalnya ingin wirausaha, ingin meminang seorang putrikah atau kek mana. Dan yang paling utama tulis (yang jelas, bukan nulis bureng) tentang target perkuliahanmu.
Kemudian tentunya goal apa yang ingin didapatkan tatkala lulus dari IT Telkom ini. Misalnya ingin jadi seorang jawara riset, ingin jadi aktivis HAM, ingin pula skill multimedia, ingin merintis karier sebagai dosen ataukah apa. Sinkronkan apa yang akan kamu ikuti di kampus ini dengan target utamamu.
Misalnya ingin mahir di bidang ICT, khususnya multimedia, maka persiapkan diri untuk ikutan lab yang terkait, kemudian bila hendak ikutan panitia ambil divisi yang terkait (bila tidak mending ambil sikap tegas :D). Misalnya ingin jadi presma, maka "kuasai" keahlian yang diperlukan, misalnya merintis karier sebagai staf BEM dulu ataukah ikutan kepanitiaan yang bakal show up di hadapan massal atau seperti apa.
Kalau mau ikutan (baik organisasi, kepanitiaan, lab, dll) di kampus IT Telkom, tentunya ingin bentuk karier seperti apa. Misalnya ingin ikutan lab karena "pengen ngrasain predikat anak lab" ataukah "pengen bikin produk riset" ataukah cak mano? Misalnya ingin ikut BEM itu cuma numpang lewat ataukah ingin merintis karier organisasi berikutnya atau bagaimana?


2 Response to "Mengisi Masa Depan [1]"

Anonim mengatakan...

Temanya sama-sama masa depan, Ve.
Lagi hot, ya?

ve mengatakan...

eh teh dina toh? #bingung amareinth teh saha?
"sama-sama masa depan"? ada yang ngembari kah?
kalo yg ini "masa depan" ditinjau dari maba (mahasiswa baru, bukan mahasiswa basi), sekedar sharing biar yang masih muda ga jempalitan tanpa arah, tapi punya tujuan :D