Muker HIMMPAS 2015: Merangkai Puzzle Gagasan Masa Depan [1]

Kualitas sebuah organisasi terletak pada bagaimana organisasi tersebut mempersiapkan diri terhadap dinamika sekitar. Lebih jauh lagi, sebuah kalimat bijak Benyamin Frankilin "If you fail to plan, you are planning to fail" juga mengisyaratkan pentingnya seuah persiapan. Ibarat orang yang akan berlaga di sebuah pertempuran, maka perlu strategi untuk meraih kemenangan yang sebaik-baiknya, dan tak lupa tetap mengharap ridho-Nya. Berangkat dari keinginan untuk terus mempertinggi kontribusi, maka Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Universitas Indonesia menggelar Musyawarah Kerja 2015 pada 15 Maret 2015 lalu. Dengan bertempat di aula selatan Masjid Ukhuwah Islamiyah, Muker kali menjadi sarana untuk memaparkan ide-ide tentang "apa yang akan diperbuat dan dikontribusikan HIMMPAS UI" selama periode kepengurusan ini.

Musyawarah kerja HIMMPAS UI tahun 2015 ini terdiri ata tiga sesi, yaitu dua sesi pemaparan rencana proker (masing-masing 2 bidang) serta satu sesi sinkronisasi program kerja. Tentu bukan hal yang mudah untuk menyusun sebuah "kompilasi" dari berbagai program kerja dimana keterbatasan waktu pelaksanaan, SDM, anggaran, hingga perlunya fokus pada tujuan yang diharapkan, namun justru di sinilah keasyikan berorganisasi. Apalagi bagi para penguruss HIMMPAS UI yang notabene merupakan mahasiswa S2 ataupun S3. Jelas ada tuntutan untuk mengedepankan kematangan berpikir secara sistematis dan logis.

Di sesi pertama, terdapat tiga bidang yang mempresentasikan rencana prokernya, yaitu Kesekjenan, Kesekretariatan dan Kelembagaan, serta Humas dan Informasi. Kesekjenan pada tahun ini memiliki area kerja di sisi internal sebagai pengendali kualitas performa pengurus melalui KPI (key performance indicator). KPI merupakan sarana untuk melakukan standardisasi kualitas pada program kerja secara kolektif serta keaktifan individu di dalam perjalanan. Diharapkan program kerja yang dilaksanakan HIMMPAS UI tidak sekedar asal terlaksana dan ujung-ujung HIMMPAS UI menjadi event organizer semata, namun ahrus ada dampak positif yang besar. Selain itu di sisi internal Kesekjenan jug aberperan dalam mengoordinasikan berbagai fakultas temapt para mahasiswa pascasarjana bernaung melalui KF (Koordinator Fakultas). Dari sisi eksternal, Kesekjenana juga memiliki rencana program kerja untuk mennyusun sebuah buku yang menghadirkan pemikiran-pemikiran intelektual secara tematik. Buku ini merupakan knowledge product yang diharapkan mampu menyinergikan berbagai pemikiran yang memberikan inspirasi.

Beranjak ke pemaparan Kesekretariatan  dan Kelembagaansebagai pengelola administrasi dan kerumahtanggaan HIMMPAS UI. Kesekretariatan dan Kelembagaan, yang juga berperan sebagai Musawarah kerja ini, pada tahun ini memiliki tugas psesial berupa mempersiapkan HIMMPAS untuk verifikasi organisasi kemahasiswaan yang direncanakan akan dilakukan tahun ini oleh rektorat. Kesekretariatan dan Kelembagaan juga berperan sebagai regulator aset HIMMPAS UI. Tentu bukan perkara mudah mengingat urusan berkas administrasi memerlukan ketekunan dan akan memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan di dalam lingkungna organisasi.

Selanjutnya adalah Humas dan Informasi yang dapat dikatakan sebagai "corong media" dari HIMMPAS UI. Dengan tugas sebagai penghubungan HIMMPAS dengan entitas eksternal, Humas dan Informasi mengagendakan dua program kerja berupa kunjungan media dan kunjungan tokoh. Diharapkan dengan dua jenis kunjungna tersebut, HIMMPAS UI mampu lebih menggaungkan kegiatannya. Namun sisi internal juga tidak dilupakan sehingga Humas dan Informasi juga mengagendakan kunjungan ke rektorat. Kunjungan ini memiliki peranan penting agar apa yang menjadi program kerja dan tujuan HIMMPAS UI dapat didukung dan sinergis dengan rencana pengambangan UI oleh pihak rektorat

bersambung


No Response to "Muker HIMMPAS 2015: Merangkai Puzzle Gagasan Masa Depan [1]"