Tips Palet

Kali ini saya tidak akan ikut-ikutan mengupas tentang perbedaan warna antara biru-hitam dengan putih-emas. Yang akan saya share memang terkait warna, tapi dalam konteks lain, yaitu proses desain. Bagi saya warna memegang peranan yang besar di dalam menentukan tingkat keasyikan sebuah desain (kalau kematangan kan 'maturity level', kalau keasyikan apa ya? hehee). Hanya komposisi yang bisa mengunggulinya tipis, bahkan warna lebih menentukan kesuksesan dibandingkan konten desain itu sendiri, termasuk huruf. Nah masalahnya menentukan komposisi warna bukanlah hal yang mudah. Untuk memilih sebuah warna saja, kadang kita sampe ragu "apakah itu terlalu terang?" "sepertinya terlalu gelap" dll. Belum lagi jika sudah digabung dengan warna-warna lainnya di dalam sebuah poster.


Saya sendiri tipikal orang yang agak "boros" pertimbangan dalam memilih warna. Alasannya simpel, dari kejauhan ya warna yang jadi penentu sebuah desain akan dilirik atau tidak. Nah, jika sudah demikian, kadang stok warna yang ada di Theme Color-nya Ms. Office pun kurang memenuhi kebutuhan. Jangankan menentukan paduan warna, menentukan satu warna saja akan terasa hambar jika teus-terusan mengandalkan Theme Color-nya Ms. Office. Istilah 8L (Loe Lagi Loe Lagi, Lagi-Lagi Loe Loe).


Nah saran saya, coba pergunakan color.adobe.com. Ini saya bukan promosi komersil, tapi rekomendasi berdasarkan tingkat kepuasan sebagai pengguna. Di sini, tersedia pemilihan warna berbasis visual-radial, tinggal di-drag saja sesuai kebutuhan. Dan terdapat pula palet yang secara otomatis akan merekomendasikan warna lain yang cocok dengan warna pilihan kita. FItur yang membuatnya sangat asyik. Tinggal bagaimana menyalinnya ke objek di Ms. Office ataupun aplikasi lainnya. Hehehehee. Kebetulan dari jaman namanya masih kuler.adobecom, saya puas dengan fitur yang diberikan.


Memang, tidak semua hasil rekomendasinya cocok, alasannya juga manusiawi. Ketika klien memegang peranan sebagai pengambil keputusan, maka rekomendasi warna tetaplah "rekomendasi" hehee..

No Response to "Tips Palet"