Friend's the Best Catalog

Istilah teman sebagai "katalog" pertama kali saya dengar dari Mas Uun, senior di IT Telkom, di sebuah video motivasi yang ditujukan bagi maba (mahasiswa baru, eh tapi saya mahasiswa basi ya? hehee). Maksudnya gimana tuh?

Teknologi sudah berkembang, dan muncullah berbagai macam istila seperti Googling, online directory, portal, dll. Namun sebelum adanya berbagai itu semua, kita mengenal orang-orang di sekitar kita sebagai katalog dalam mencari informasi, bahkan lebih dari itu, teman kita juga berperan sebagai jalan bersama-sama mewujudkan ide-ide tadi. Bisa dibilang katalog yang mampu mengonkretkan hehee.

Dengan latar belakang teknik informatika, Alhamdulillah saya berkesempatan menikmati bocoran disiplin ilmu lain melalui kawan-kawan saya. Tentang bagaimana proses manufaktur, bagaimana kebutuhan nutrisi tubuh, bagaimana proses edukasi ke usia dini, dll. Semua itu menjadi proses untuk membuka wawasan sehingga indahnya pengetahuan sebagai anugerah Allah terasa begitu nikmat masya Allah.

Namun jangankan antardisiplin ilmu, ketika menghadapi peliknya dunia informatika yang bukan spesialisasi saya, berbagai masukan dapat saya peroleh dari kawan-kawan yang memiliki latar belakang sama namun spesialisasi berbeda. Nggak menyangka sama sekali senior di himpunan dulu yang akan menjadi mediator petunjuk bagaimana mengerjakan riset dengan COBIT. Nggak mengangka juga teman ngelawak bareng dulu jadi orang yang selalu saya summon saran-sarannya terkait keamanan informasi.

Terkait passion, wah, ini juga asyik. Ada teman yang memotivasi dalam urusan sastra. Ada juga teman yang asyik untuk jalan-jalan ngebolang di belantara alam.

Itulah semangat yang terus mewarnai hidup ini. Bagaimana beragamnya kawan-kawan menjadi khazanah yang sungguh berharga dan pada muaranya adalah bagaimana itu membukakan mata kita akan kebesaran Allah SWT.

No Response to "Friend's the Best Catalog"