Talk about Global Talent Competitiveness

Inspirasi kali ini datang melalui CEO General Electric Indonesia, Pak Handri Santriago. Pria asal Sumbar ini mengupas berbagai fenomena menarik tentang Global Talent Competitiveness atau GTC. Awalnya saya tidak tahu tentang GE. Saya tertarik karena topik yang dibahas adalah GTC, terkait erat dengan Global Competitiveness Index, salah satu riset saya di Indonesia Kreatif dulu.

Asyik penyampaian beliau. Diselingi beberapa candaan, namun tidak mengurangi esensi pesan yang dibawakan beliau. Yang paling unik adalah pesan implisit agar jangan mudah menyalahkan pemerintah terkait daya saing Bangsa Indonesia saat ini. Justru fokuslah bagaimana membangun kualitas dan kompetensi generasi pemuda Indonesia. Modal jumlah SDM di satu menjadi keuntungan untuk bersaing di tengah arus globalisasi. Tapi di sisi lain, menjadi calon konsumen bagi produk negara lain dan ini ancaman yang mempengaruhi kualitas produksi dalam negeri.

Kemampuan untuk mengemas potensi juga disampaikan beliau. Selama ini kita kerap minder dengan kualitas bangsa sendiri. Memang keadaannya belum positif, tapi perilaku minder itu pun bukanlah solusi. Nah ini nih tamparan keras bagi kita semua yang terlalu asyik sebagai komentator hehee.

Foto yang ini bersumber dari https://twitter.com/HandryGE 

Foto yang ini bersumber dari https://twitter.com/HandryGE 

No Response to "Talk about Global Talent Competitiveness"