ISL 2015, eh QNB League 2015?

Kejutan yang tidak disangka, bahkan tidak terendus rencana ini sebelumnya. Ya, ISL 2015 akan menyandang nama baru, yaitu QNB League. QNB? Apa ini? Apakah sebuah eprusahaan (kembali mensponsori Liga Indonesia/ISL?

Sumber: bulet.in

QNB atau Qatar National Bank merupakan salah satu perusahaan perbankan raksasa asal Qatar. Kalau dari singkatannya yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, artinya Bank Nasional Qatar, hmm, serupa dengan BNI agaknya. Perusahaan ini terhitung raksasa karena terlibat pula dalam kepemilikan klub Prancis, Paris Saint Germain. Dari sisi sejarah jelas bukan hal baru sebuah perusahaan mensponsori Liga Indonesia, bahkan emngakuisisi nama liga. Setelah Dunhill dan Kansas tampil sebagai penyandang dana utama kompetisi, dilanjutkan dengan BUMN terkemuka dan naik daun saat itu, yaitu Bank Mandiri, dan terakhir adalah Djarum yang menjadi "partner" liga selama kurun waktu sekitar 5 musim.

Sumber: sindonews.net/

Terjadinya QNB League ini sendiri cukup unik. Dari sisi perusahaan, jelas QNB bukanlah nama yang mentereng dan populer di masyarakat. Tidak akan ada terjadi "googling" besar-besaran mencari tahu siapa QNB jika yang menjadi sponsor adalah BCA, Bank Mandiri (lagi), CIMB, atau bahkan BRI. Kenapa? Nama-nama tadi sudah terlalu familiar. Jelas ada unsur upaya promosi jangka panjang di balik kesediaan QNB mensponsori Liga Indonesia/ISL. Ingat juga nama Bank Mandiri yang melejit justru saat mensponsori Liga Indonesia VI s.d. IX alias kurun waktu 2000 s.d. 2004 (cmiiw). Bank Mandiri sebelum tahun 2000 agaknya senasib tingkat popularitasnya dengan QNB saat ini.

Dari sisi iklim ISL, tentu hal yang sangat mengejutkan. Liga yang tertunda sebulan karena "riak" yang coba digali oleh BOPI, kemudian skandal pengaturan skor yang amsih membayangi, kasus finansial yang rutin melanda, lebih mendominasi berita sepak bola Indonesia. bahkan hampir dua pekan ini, nama Arema dan Persebaya merajai headline akrena tidak direkomendasikan oleh BOPI. Nyatanya, sponsor sekakap QNB malah merapat. Ataukah jangan-jangan keengganan PTLI menunda lagi liga karena deal yang terlanjur terjadi dengan QNB?

No Response to "ISL 2015, eh QNB League 2015?"