#TKTI #GuestLecture #Isaca

Dosen tamu di perkuliahan IT governance alias TKTI pada pekan ini adalah Pak Rahmat Mulyana dari ISACA Indonesia. Sosok yang agaknya pernah saya temui di kesempatan lain. Entah mengapa begitu familiar wajah dan pembawaan bicaranya.

Agaknya faktor latar belakang proyek yang cukup banyak mendorong beliau menyampaikan pandangan ITG tidak hanya dari sisi TI tapi juga bisnis secara umum. Dan memang ITG berangkat dari bagaimana bentuk kualitas dan penempatan layanan TI di sebuah organisasi bisnis. Menariknya TI sering dianggap sebagai (mengutip istilah Pak Kasfu) pelengkap penderita, ketika bagus dianggap sudah seharusnya tapi saat ada masalah harus "diperbaiki" (pake tanda kutip).

Di sini saya juga mulai memahami bahwa COBIT perlu pemahaman studi kasus serta adaptasi sesuai konteks dan tujuan. Apa saja enterprise goals, IT related goals, dan processea yang dipilih harus sesuai tujuan dan isu ITG yang patut ditangani. Bahkan nilai P dan S tidak berarti mutlak harus dipaksakan saat pemetaan, keduanya perlu dipahami konteksnya.

Btw, surprise malam itu adalah sosok Mas Iqbal yang hadir juga. Kebetulan beliau alumni MTI UI dan juga "alumni" PAJ Group.

No Response to "#TKTI #GuestLecture #Isaca"