Resume KAP: tentang Air Mata

[Notulensi Kajian Ahad Pagi, Kajian Mukjizat Al Quran]
"Mukjizat Al Quran tentang Penciptaan Air Mata 😭"
Bersama : Ustadz Dr. Anom Bowolaksono, M. Sc.
📆 Ahad, 19 April 2015
⏰ 07.00-08.45
🏡 Aula Utama Masjid UI Depok

Allah menciptakan semua lubang yg ada dalam tubuh manusia itu ditujukan utk menjaga keseimbangan jasad itu sendiri. Jika sebelumnya kita telah membahas bumi yg juga berlubang, maka begitupun tubuh kita , kita perhatikan dari ujung rambut sampai ujung kaki, di dalam tubuh kita terdapat lubang2, lubang pori2 dimana lubang itu berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh kita.
Kalau kita perhatikan setiap lubang, setiap pori2 tadi pasti mengeluarkan sesuatu yg berbeda satu dgn yg lainnya dan semua lubang pasti mengeluarkan sesuatu. Walaupun itu dikeluarkan terkadang kita tidak paham apa yg kita keluarkan tersebut. Dalam istilah biologi itu istilahnya homeostasis (keseimbangan).

Turun dari kepala lubang yg terdekat adalah "mata".
Dalam istilah biologi ada 2 istilah ketika tubuh mengeluarkan zat dari dalam tubuh :
1.Ekskresi
2.Sekresi

🌻 Ekskresi : mengeluarkan sesuatu zat dari dalam tubuh (harus dikeluarkan), dan zat tersebut sdh tidak berguna lagi bagi tubuh. Misalkan panggilan alam setiap pagi.
1 point penting kita belajar ikhlas dari segi biologi , yaitu ekskresi.
👉 Org yg ikhlas itu seperti ekskresi, harus mengeluarkan tetapi tdk peduli yang dikeluarkan itu kemana perginya. Kalau tdk dikeluarkan, ia malah menuntut utk dikeluarkan.

🌻Sekresi : Mengeluarkan sesuatu zat dari dalam tubuh, tetapi zat tersebut masih digunakan.
Misalnya ketika kita makan, rongga mulut kita kering, bagaimana cara mengaduk & mencernanya?
Maka dgn segala keagungan Allah, diciptakanlah ludah, yang dikeluarkan dan digunakan untuk membantu saat kita mengunyah makanan.
Bayangkan jika tdk ada ludah?
Apakah kita bisa mengunyah?
Pagi ini kita akan membahas suatu cairan terpenting dalam tubuh kita yg keluar dari bagian terpenting tubuh kita, dimana kita senantiasa bisa menikmati ciptaan Allah darinya, yaitu  "Air Mata".

💧Air Mata💧
Secara sadar atau tidak sadar, kita tidak pernah menyadari apakah mata kita basah atau tidak. Kita sadar kalau mata kita basah hanya jika kita menangis, padahal mata kita senantiasa mengandung banyak mineral.
Mata mengeluarkan air mata, memberi keleluasaan agar mata ini bekerja dgn baik. Terkadang sekresi dari air mata ini berlebih, hal ini karena sesuatu hal. Bisa dikarenakan efek fisiologis, patologis ataupun psikologis.

🌻Fungsi Fisiologis Ini dikarenakan fungsi tubuh kita. Pagi hari kita bekerja berat di luar ruangan, lapangan terbuka dan banyak debu lalu pada malam hari istirahat. Keesokan harinya setiap pagi kita memanen kotoran mata, yg sering kita sebut dengan "belek". Belek ini adalah air mata kita yg sudah mengering bersama kotoran2 yg kemarin.
Alhamdulillah debu2 dan kotoran yg masuk ke mata kita dikeluarkan setiap hari tanpa kita sadari.Dan inilah nikmat Allah yg terbesar juga. Bayangkan jika keluarny tdk setiap hari, misalnya hanya 1x dalam sebulan.

🌻Secara patologis Misalnya kita sedang sakit mata, maka air matanya akan keluar. Sadar atau tidak sadar, air mata ini diperlukan, dipaksa utk keluar.

🌻Secara psikologis Kita sebagai orang islam diberi contoh oleh rasul kita, utk selalu mengeluarkn air mata. Dan Rasulullah SAW mengajak kita ke bagian yg paling mudah utk menjaga kesehatan mata kita. Kalau tadi air mata harus keluar secara fisiologis dan patologis. Ada yg lebih menguras yaitu mengeluarkan air mata degan cara psikologis. Inilah yg menjaga mata kita semakin sehat. Konsekuensi  dari mengeluarkan mata ini yg biasa kita sebut dengan "MENANGIS". Namun,  menangis biasanya stereotip dengan kesedihan, stereotip dengan kelemahan, stereotip dengan ketidakjantanan, ketidakberanian, yg merupakan konotasi negatif.

Padahal di dalam Al Quran, menangis itu disebutkan cukup banyak, bahkan bila dibandingkan dengan mata sendiri, menangis itu lebih banyak disebutkan. Kata2nya dituliskan dengan gamblang, menangis karena mengingat Allah, karena bahwa kita di dunia ini sedang diberikan ujian, ujian utk bisa pulang ke kampung halaman kita dengan selamat.

Pulang kampung adalah sesuatu yg sangat dirindukan, maka perlu kita persiapkan dengan baik :)
Rasulullah SAW mengatakan, jika kita dibukakan lembaran layar kita di masa lalu kita, maka kita akan menangis tanpa disuruh dan tanpa dipaksa.

Kita diperintahkan utk menangis, secara halus melalui Rasulullah SAW,melalui nabi2nya.
💎Q.S Al Maidah : 83
(وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَىٰ أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَرَفُوا مِنَ الْحَقِّ ۖ يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ)
"Dan apabila mereka mendengarkan apa (Al Quran) yg diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran yg telah mereka ketahui (dari kitab2 mereka sendiri), seraya berkata, " Ya Tuhan, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang2 yg menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran an kenabian Muhammad)."
💎Hadist riwayat Ibnu abbas ra : "Ada dua mata yg tidak akan disentuh oleh api neraka. Yaitu mata yg menangis di pertengahan malam karena takut kepada Allah dan mata yg terjaga di jalan Allah". (HR. Tirmidzi)
Jadi ada syarat dan ketentuannya mata yg tidak akan tersentuh api neraka ini : yg pertama menangis di pertengahan malam, dan kenapa menangis? Karena takut kepada Allah, bukan karena banyak tunggakan hutang atau karena alasana lain, tapi karena takut kepada Allah.
💎Hadist riwayat abu hurairah ra : "Tidak akan masuk neraka seseorang yg menangis karena takut pada Allah, sampai air susu kembali ke putingnya dan tidak akan bisa berkumpul debu dijalan Allah dengan asapnya neraka jahanam"
Hadist ini menyatakan jaminan Allah, bahwa ketika sudah ada tangisan kita, karena konsekuensi2 ataupun komitmen2 yg tidak bisa kita lakukan. Ini adalah gambaran definisi menangis karena untuk mendekatkan diri kepada Allah bukan definisi menangis karena lemah ataupun cengeng.
Sehingga Ini adalah sebagai sarana komunikasi, semua yg ada didalam tubuh kita merupakan hasil komunikasi. Jasmani kita dilengkapi dengan alat komunikasi : mulut.

Ketika tubuh kita digigit serangga, maka tubuh kita akan bentol, ini merupakan hasil komunikasi tubuh kita merespon terhadap racun serangga. Tubuh kita diciptakan berupa jasadiyah dan ruhiyah, lalu bagaimana ruhiyyah kita berkomunikasi melalui jasaddiyah kita?
Jawabnya  adalah melalui  Air mata :)

Tekanan psikologis yg kuat , akan mendesak kelenjar air mata membengkak dan mendesak untuk mengeluarkan air mata, sehingga keluarlah air mata.
Dan tidak tahu air mata ini keluar utk siapa?
Supaya air mata ini punya arah, kita tujukan agar air mata ini keluar sebagai sarana komunikasi untuk mendekatkan hati pada Allah pada malam hari saat Qiyamul lail .Kenapa harus malam hari? Karena air mata secara fisiologis keluar pada malam hari, kalau siang hari keluar air mata itu karena efek patologis, karena efek kita kurang tidur. Jadi ini sejalan dengan konsep kesehatan. Menangis adalah menyehatkan, merupakan ibadah yg dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

💧Tangisan para Nabi terdahulu💧
¤ Nabi Adam a.s: selalu mengenang kesedihan selama hidupnya
¤ Nabi Nuh a.s : tangisannya berubah menjadi topan yg menenggelamkan bumi
¤ Rasulullah SAW: lebih banyak menangis, sedikit tertawa. Ketika seseorang menangis karena melihat mayat yg terbujur kaku,

Rasulullah SAW berkata  "Kalau kita lebih tau/melihat diri kita sendiri maka kita akan jauh lebih akan menangis daripada ketika kita menangis karena melihat mayat yg terbujur tersebut".
💧Rasulullulah juga menangis, karena sedih melihat kondisi umatnya.
💎 Q. S Al Maidah : 118
(إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ ۖ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ)
"Jika engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hambaMu dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah yg Mahaperkasa Mahabijaksana.
💎 Q. S Ibrahim : 36
(رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ ۖ فَمَنْ تَبِعَنِي فَإِنَّهُ مِنِّي ۖ وَمَنْ عَصَانِي فَإِنَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ)
" Ya Tuhan, berhala2 itu telah menyesatkan banyak dari manusia. Barang siapa mengikutiku, maka orang itu termasuk golonganku dan barangsiapa mendurhakaiku, maka Engkau Maha Pengampun, Maha Penyayang"
💎Hadis :
"Wahai jibril, pergilah kepada Muhammad dan katakanlah kepadanya sesunguhnya kami akan meridhai umatmu dan kami tidaklah akan berbuat buruk".  (HR. Shahih Muslim)

🌻Dari sisi organ , kita lihat dimana letak air mata kita.==> terdapat kelenjar lakrimal (penghasil air mata) yg terletak pada ujung kiri dan ujung kanan mata kita.
http://klinikmatanusantara.com/images/kecmata.jpg

🌻Macam2 air mata :
1. Air mata normal/air mata utama
Misalnya ketika sedih
2. Air mata reflek ==>Rangsangan eksternal yg sifatnya patologis.
Misalnya kelilipan debu maka air mata akan refleks keluar. Atau saat kita terkena gas air mata, maka air mata akan refleks keluar

🌻Komposisi air mata
🔸Cairan lakrimal yg  98.99%  berupa air
🔸Ph-nya basa. Sekitar 7.5
🔸Komposisinya : oksigen, natrium, dll

🌻 Lapisan2 Air mata
🔸Lapisan mukoid (inner mucin layer) : Menyebar ke kornea dan bagian dalam air mata
🔸Lapisan Akuous/tengah/middle aqueous layer : Menjaga agar mata slalu basah.
🔸Lapisan Lipid/luar/Outer lipid layer : Lapisan minyak, mencegah penguapan.m

🌻Air mata dan efek psikologi
🔸Lapisan film mata memperbarui sebanyak 13 ribu kali/hari, kedipan mata adalah menjaga agar mata tetap basah.
🔸Beberapa ras memiliki presentase yg rendah dalam menangis yaitu orang perancis hanya 8%
🔸Orang yg menangis adalah org yg bisa mneguak tabir kehidupan.  ada yg tdk biasa bicara, namun menangis dalam mengungkapkan segala emosinya ==> efek komunikasi
🔸Menangis itu mengalihkn dari kekerasan, kalau kita sedang dalam tekanan yg tinggi. (memagari hati dri kekerasan).
"Jangn marah", karena ketika marah syetan sudah masuk ke pembuluh darah.
👉Supaya tidak marah kita tahan , atau lebih sehat yaitu dengan mengeluarkan air mata (menangis).

🌻Manfaat Airmata
🔸Memperlancar gerakan kelopak mata
🔸Memelihara mata dari  kekeringan
🔸Melindungi mata dari bahaya iritasi
🔸Menjernihkan penglihatan
🔸Mengandung lizozyme, enzim  yg dapat membunuh bakteri sekitar 90-95 % bakteri yg disebabkan oleh polusi udara.
Secara psikologis :
🔸Menghilangkan stress dan depresi.
🔸Menenangkan
👉Menurut penelitian William Frey, (dokter Spesialis mata di USA)
🔸Air mata normal manusia disekresikan 0.5L/tahun.
🔸Air mata dikeluarkan saat kondisi emosi memuncak.
Mengandung toksin yg dihasilkan seseorang akibat kondisi emosional tsb.
Ada keterkaitan antara air mata dan kesehatan psikolgis maupun mental manusia.

💎Dari Abu Hurairah ra. Dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda : " Ada 7 kelompok yg akan mendapat naungan Allah, pada hari tiada naungan kecuali naunganNya", yaitu :
1. Pemimpin yg adil
2. Pemuda yg rajin ibadah, karena saat2 keemasan saat banyak godaan, menyerahkan diri utk kepentingan Allah
3. Seseorang yg slalu tertaut oleh masjid, hatinya selalu digantungkan dengan masjid
4. Dua org yg saling mencintai karena Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah SWT
5. Seorang laki2 yg menolak ajakan perempuan yg bangsawan dan cantik utk berzina, lalu berkata"Sesungguhnya aku takut kepada Tuhanku"
6. Sedekah yg disembunyikan, sampai2 tangan kirinya tidak mengetahui.
7 Seseorg yg berdzikir kpd Allah di tempat yg sunyi, kemudian kedua matanya bercucuran air mata (pada malam hari)

💎Rasul berpesan💎
"Mata yg beku yg tdk mampu menangis, adalah karena hati org itu keras, dan hati yg keras adalah karena menumpuknya dosa yg telah diperbuat. Banyaknya dosa yg dibuat seseorang karena org tersebut lupa mati, sedangkan lupa mati datang akibat panjangnya angan2, panjang angan2 muncul karena terlalu cinta pada dunia, sedangkan mencintai dunia adalah pangkal segala perbuatan dosa".
Mencucurkan air mata bermanfaat untuk kesehatan kita, fisik kita sehat karena psikis kita yg sehat
👉Paksakan agar kita bisa ingat dengan Allah, ingat degan dosa2 kita, bukan paksa agar air mata keluar, tapi paksa agar diri kita mengingat dosa2 kita.  Paksakan bahwa kita bener2 rindu kepada Rasulullah SAW, paksakan bahwa kita punya keinginan yg kuat utk bertemu dgn Rasul, dengan paksaan2 itu maka air mata kita akan keluar.

Mengingat yg tadi bahwa dengan mengeluarkan mata kita mendapat 2 hal :
1. Fisik sehat
2. Hati sehat
Allahu'alam bish shawwab

Karena kami tidak hanya memberikan informasi, namun senantiasa berusaha untuk menginspirasi 😄
🌏 : mesjidui.ui.ac.id
📹 : bit.ly/mesjidui
🐤 : @masjidUI

-mari sebarkan-

No Response to "Resume KAP: tentang Air Mata"