Manfaat Taqwa

Disarikan dari kultum Ust. Dimyati Badrzzaman di Masjid UI, Kota Depok

Salah satu ayat yang populer di bulan Ramadhan adalah Al Baqoroh 183 yang menjelaskan perintah dan tujuan puasa. Di dalam ayat tersebut termuat jelas tujuan puasa berupa ekspektasi menjadi orang yang bertaqwa. Menariknya kata taqwa ini ternyata punya keterkaitan ayat-ayat lain di Al Qur'an yang memaparkan manfaat dari taqwa. Setidaknya ada tiga manfaat secara umum dari taqwa, baik yang sifatnya jangka pendek (duniawi) maupun jangka panjang (akherat).

Manfaat pertama adalah hidup sebagai manusia yang mulia. Hal ini ditegaskan melalui surat Al-Ĥujurāt ayat 13
"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

Manfaat kedua adalah dimudahkannya menghadapi urusan/ujian di dunia ini. Hal ini diulas dalam bagian dari QS Aţ-Ţalāq ayat 2 s.d. 4
"... Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar." "... Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. " serta "... Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya."

Manfaat ketiga adalah menjadi ahli surga. Hal ini dipaparkan dalam QS 'Āli `Imrān ayat 133 dan 134
"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."

No Response to "Manfaat Taqwa"