Menanti 16-Besar euro20-16

Semalam Albania telah menyeruput kemenangan perdana mereka di turnamen mayor bernama Euro atas Rumania. Dahaga nir-kemenangan di dua laga sebelumnya akhirnya tuntas. Kini mereka hanya bisa pasrah menanti 10 laga di 5 grup lainnya untuk menentukan 4 peringkat-3 terbaik yang berhak melenggang ke babak 16-besar. Ya, di edisi Euro 2016 kali ini akan ada babak 16-besar dengan sistem gugur dimana di beberapa edisi sebelumnya 16-besar merupakan fase pertama dengan sistem grup. Menarik memang sistem kali ini karena sebuah "permainan" penuh kalkulasi berwujud kelolosan 4 dari 6 peringkat terbaik (mari kita sebut sistem 4/6).

Sumber: twitter.com

Konsep 4/6 ini memiliki kesulitan tinggi karena persaingan untuk lolos bukan urusan 4 tim di sebuah grup, tapi juga melibatkan "kekurangberuntungan" tim di grup sebelah. Dalam makna lain, sistem ini (yang sebelumnya populer di Copa America) akan berdampak pada tidak ada negara yang dengan mudah tersingkir setelah dua laga perdananya. Sistem ini hanya mengizinkan tim yang bernafas lega lolos hanya yang meraup dua kemenangan di dua laga perdanaya. Praktis negara yang sudah kalah dua beruntun plus belum mencetak gol, yaitu Albania (sebelum kontra Rumania), di grup A, Turki di grup D, dan Ukraina di grup C masih berpeluang (walauuu tipisss) untuk lolos ke babak 16-besar.

Sejauh ini baru Prancis, Swiss, Italia, dan Spanyol yang sudah bisa berkipas-kipas santai. Mereka boleh jadi menurunkan tensi, tapi mereka harus sadar bahwa siapapun tim yang mereka "biarkan" lolos lubang jarum sistem 4/6 ini, boleh jadi akan menjadi ranjau yang meledak di kemudian hari. Tim yang lainnya masih harus saling senggol. Dan sejauh ini pula baru Rumania yang sudah bisa mulai "check-in" di bandara. Masih ada 7 tim yang bakal menyusul mereka. 5 diantaranya adalah juru kunci ditambah dua peringkat-3 yang jadi korban sistem 4/6. Bisa jadi Albania akan terseret sistem ini mengingat 5 tim peringkat-3 di grup-grup lainnya berpeluang melampaui koleksi 3 poin milik Albania. Situasi akan lebih jelas ketika grup C merampungkan laga ketiganya nanti. Saat ini akan ada perbandingan antar-peringkat-3 dimana sudah bisa dibandingkan siapa yang beruntung siapa yang buntu :(

Jagoan saya? Ah Turki kenapa mendadak melempem y? Hehee

No Response to "Menanti 16-Besar euro20-16"