S3 Topiknya Apa ya

Sebetulnya entah kapan memasuki fase kick-off perkuliahan jenjang doktoral. Sederhana saja alasannya, yaitu ketidakpastian dari berbagai aspek. aspek yang paling utama ada tiga, yaitu belum punya 'kandang', belum bisa mempersiapkan ketahanan finansial secara matang untuk pembiayaan kuliahnya, dan tentunya sebuah alasan yang tidak bisa saya paparkan hehee. Namun saya mencoba untuk mengingat jejak awal mengikuti SIMAK UI di penghujung tahun 2013 lalu. Di situ faktor niat sudah ada sejak awal 2012. Ya, awal 2012 alias saat saya menggawangi semester 8 saya di jenjang sarjana. Menariknya, saat itu saya mencantumkan MTI sebagai salah satu target kampus untuk jenjang magister. Dengan demikian, saya patut belajar dari masa lalu #ciemasalalucie #ehsalahfokus. Saya perlu menyiapkan per-S3-an dari sekarang, minimal niat dan akan di bidang apa.

Topik yang Menjadi Incaran Awal ini adalah e-Leadership
Jelas ini adalah topik yang sangat tidak ngoding garis keras hehee. Bukan karena saya sudah lelah dengan segala aktivitas berbau ngoding, melainkan ada mengendus adanya sebuah fenomena yang menarik tentang kualitas pengembangan SI/TI di organisasi yang banyak dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan orang-orang yang berwenang. Nah, senagaja saya tidak menayangkan sumber dari paradigma tersebut, biar saja ditelusuri sendiri oleh pembaca. Yang pasti topik tentang e-leadership ini akan mengharuskan saya belajar banyak hal-hal di luar ilmu komputer murni, misalnya psikologi, ekonomi, hingga politik. Jelas membutuhkan waktu dan tenaga tambahan. Bagaimana dengan mekanisme penelitiannya itu sendiri jelas memerlukan banyak hal yang tidak bisa dipandang remeh. mulai dari akses ke orang-orang yang layak menjadi responden, biaya visitasi, dll. Yang tidak bisa dipandang remeh juga terkait bagaimana hasil penelitian itu bisa dimanfaat bagi peradaban, terutama bangsa indonesia. Singkat cerita, topik ini merupakan investasi yang 'terlalu' tinggi namun bidang ini belum banyak ditekuni oleh akademisi di indonesia

Topik lain yang Saya minati adalah Internet of Things alias IoT
Topik ini bisa dibilang cukup menggiurkan saat ini. faktor eksistensi internet yang semakin menjadi gaya hidup merupakan katalisnya. Hanya saja, saya penasaran dengan konsep IoT ini jika dibentrokkan dengan penetrasi internet di daerah pedesaan. Yups, kejadiannya akan seperti duel ayam dulu ataukah telur dulu. hehee. Nah, untuk riset iot ini, saya tertarik karena pemanfaatan sektoral ini jelas akan bersifat nyata dan kontekstual.

Topik lain Apa y
Barangkali topik lain yang menjadi ketertarikan saya tentunya tentang e-commerce dan ekonomi digital. Alasan kenapa tertarik kedua topik ini adalah passion dan memang menjadi tren yang sangat berpotensi untuk meggerakan arus ekonomi negara indonesia.

Well, sudah pagi, sudah saatnya menggeser frekuensi otak ke dunia nyata bekerja untuk menyambung hidup mencari nafkah hehee

No Response to "S3 Topiknya Apa ya"