COBIT 5

COBIT...
bukan nama calon istri saya, bukan pula nama dosen yang membuat saya ngulang suatu mata kuliah, bukan jugagrup band yang sedang daun, #makin ngelantur
 COBIT adlah suatu framework yang disusun oleh ISACA yang bertujuan untuk mengaudit sistem informasi melalui pendekatan sistematis. Tujuan mengaudit sendiri antara lain
  • Mengetahui pencapaian dalam menerapkan sistem informasi
  • Mengukur kualitas sistem informasi
  • Memberikan rekomendasi berdasarkan gap analysis antara ekspektasi dengan realita

Nah COBIT yang lazim dipergunakan di Indonesia adalah versi 4.1 yang sudah rilis sejak 2007 lalu. Dan pada 10 April 2012 lalu, ISACA me-launching versi 5 dengan berbagai inovasi, antara lain
  • Pembagian antara manajemen dengan tata kelola (governance)
  • Terdapat 5 domain yang dirinci ke dalam banyak aktivitas dan dispesifikasikan ke dalam macam-macam proses, domain-domain tersebut adalah Align, Plan, and Organize (APO); Build, Acquire, and Implementation (BAI); Deliver, Serivce, and Support (DSS), Monitoring, Evaluating, and Assesment (MEA); serta EDM.
  • Pengukuran tidak lagi menggunakan standar maturity score, melainkan capability level ISO 15504
  • dsb --> dan sisanya bingung

Lantas apakah makna COBIT 5 bagi saya?
Well, TA saya berkutat dengan COBIT 5.
Hal bermula dengan open tender grand topic tentang sistem informasi rumah sakit yang dieknal dengan EHMS (electronic Health Management System). Di tengah kekalutan topik TA, beberapa teman saya menganjurkan agar saya ikut serta, entah apa modus mereka..

Selang berapa hari proposal yang masih glopot pun saya kirimkan ke cadosbing. Nyaris sebulan tidak ada kabar ternyata saya lolos. Ohya, topik yang saya ajukan adalah audit SI di RS dengan Cobit 4.1. Sepekan setelah saya lolos, saya mendapati fakta bahwa akan dirilis versi 5 yang sudah ada beberapa gambaran kasar draft-nya. Tanpa berpikir panjang, saya segera mengajukan pergantian topik dan akhirnya (entah apa yang membuat mereka luluh) kedua cadosbing saya mengabulkan keinginan saya.

Seiring waktu bergulir, akhirnya berbagai tahapan pun dilewati, mulai dari Desk Evaluation, Seminar hingga keluarlah nilai TA 1 saya di i-Gracias.

Semoga semester depan riset ini bisa diselesaikan dengna baik. Maklum salah satu dosbing saya khawatir saya mulur hingga 2 tahun akrena topik saya yang rumit. Bahkan salah seorang alumni saya yang kini menjadi dosen pun juga kaget dengan keberanian (atau malah kenekatan) saya mengambil topik tsb.

1 Response to "COBIT 5"

Unknown mengatakan...

Selamat siang Arfive, sy sedang mlakukan riset yg sama (pengukuran capability level pada salah satu bank di Riau.
Tapi sy masih bingung tentang hal ini, bisakah sy dapat kopian TA-nya sebagai tambahan literatur? Thanks before....