Berkas Tugas Inov [1]

Mulai akhir Juli ini, blog saya, r5alburuj.blogspot.com akan saya pergunakan pula untuk meng-share tentang materi atau tugas akademik saya. Dulu hal tersebut pernah saya terapkan pada mata kuliah Bahasa Inggris III, dan tidak ada salahnya berbagi ilmu yang mana pemilik segala ilmu itu sama, yaitu ALLah SWT. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi pembaca agar lebih baik lagi dalam memperjuangkan hidup. Dan mata kuliah Inovasi dan Kewirausahaan mendapat kehormatan sebagai mtakul pertama yang posting di rencana pengembangan blog saya. Kali ini saya memaparkan tugas resume matkul Inov pertama saya.

Kreatif menurut Aldair (1996) adalah menghadirkan sesuatu benda atau hal yang sebelumnya sama sekali belum ada untuk dipergunakan. Ide yang kratif dikaitkan dengan ide yang baru paling tidak untuk orang yang bersangkutan Ide kreatif ini dapat melibatkan  sebuah usaha penggabungan du ahal atau lebih ide-ide secara langsung. Kreativitas merupakan memikirkan sesuatu,kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.


Inovasi  merupakan suatu hasil penemuan ide-ide baru dalam bentuk pengetahuan dan konsep, penemuan hasil dalam teknologi baru dan bisnis untuk memungkinkan penciptaan nilai melalui komoditas, barang, jasa, dan pengalaman. Dalam definisi lain inovasi:  Sebuah proses perubahan  yang disengaja dibuat untuk  menciptakan nilai dengan memenuhi kesempatan dan mencari keuntungan. (Cooger, 1990) Dari definisi tersebut, terdapat elemen kunci :
  • Proses, yaitu dalam inovasi terdapat pengelolaan
  • Sengaja, yaitu adanya kesadaran utnuk melakukannya dalam mencapai tujuan
  • Perubahan, dimana terdapat suatu perbedaan yang terjadi sebagai kondisi pada hasil akhir yang diharapkan
  • Nilai, yaitu adanya suatu nilai yang bermanfaat dari inovasi tersebut
  • Peluang, ini berarti inovasi merupakan suatu pemanfaatan peluang untuk mencapai tujuan.
  • Keuntungan, ini terkait elemen nilai, dimana inovasi umumnya berorientasi pada peningkatan nilai secara material dengan parameter berupa keuntungan secara financial.
Menurut Peter Drucker, “innovation is the ‘specific function of the entrepreneur.’ “.
Inovasi dan kerativitas berbeda wilayah domain yang sama,teapi memiliki batasan yang tegas. Kreatifitas merupakan langkah pertama menuju inovasi  yang terdiri atas berbagai tahap. Kreatifitas berkaitan dengan produksi  kebaruan dan ide yang bermanfaat sedangkan inovasi berkaitan dengan produksi  atau adopsi ide yang bermanfaat dan implementasinya.

Kewirausahaan sendiri mempunyai pengertian proses mengeksplorasi bagaimana menambahkan nilai kepada orang lain dengan cara yang baru atau berbeda. Pengusaha menangkap bahwa nilai dalam bentuk kekayaan, dan kemudian bahwa kekayaan dengan orang lain: klien, pengguna, karyawan, pemasok, masyarakat, pemerintah, dll Untuk memahami bahwa menjadi kreatif dan inovatif yang tidak cukup dan untuk menyadari bahwa ada nilai dimaksimalkan menunggu untuk ditemukan atau diciptakan, adalah apa yang pengusaha melakukan yang terbaik ketika mereka berencana, kemudian mereka mengambil tindakan, dan akhirnya, mereka berkembang. Pengertian ini dikembangkan oleh Alicia Holley Castillo. Dan memang pada dasarnya kewirausahaan adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki  kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.

Hubungan yang terjadi diantara kreativitas dan inovasi dengan kewirausahaan adalah ketiganya adalah kreativitas dan inovasi yang merupakan suatu metode yang diperlukan seorang wirausahawan dalam menjalan aktivitasnya. Hal itu merupakan perspektif yang tepat karena Kondisi zaman yang terus berkembang sehingga dibutuhkan inovasi agar kongsi dagang dapat bertahan serta apa yang menjadi komoditas (baik barang maupun jasa) dapat tetap laku dengan brand/merk yang kita punya. Dapat diambil contoh perkembangan teknologi internet yang mendorong metode jual ebli melalui internet yang kita kenal sebagai e-commerce
·         Tantangan dan tuntutan di tiap zaman yang terus berkembang, sehingga diperlukan inovasi dan kreativitas sebagai solusi yang menjawabnya. Sebagai contoh, tuntutan kebutuhan ukuran file computer yang terus meningkat menyebabkan peningkatan kapasitas memori computer.
·         Persaingan yang semakin ketat diantara competitor dalam memperebutkan customer. Misalnya diantara vendor mouse yang meningkatkan nilai jual dengan inovasi dari segi artistic, misalnya mouse dengan motif batik.
Kreativitas dan inovasi tersebut dapat diterapkan (baik salah satu maupun lebih) pada aspek metode (proses bisnis) maupun metode dalam berwirausaha. 

Salah satu ciri/karakter enterpreneur adalah Pemegang Kendali. Hal ini cukup memancing rasa ingin tahu saya terhadap bagaimanakah penerapannya dalam bisnis nyata. Pemegang kendali memang dapat dilihat dari berbagai sudut, baik interal perusahaan maupun eksternal perusahaan.
Salah satu persepsi pemegang kendali adalah dilihat dari kekuasaan dan kekuatannya di dalam perusahaan tersebut. Bisa dibilangsecara struktural, kebijakan yang dibuatnya akan dituruti oleh segenap pekerjanya. 

Sebagai contoh, bisa dilihat pada Mark Zuckeberg yang masih dominan dalam menentukan bagaimana aplikasi jejaring sosial facebook dikembangkan. Contoh lain dapat dijumpai di beberapa klub sepakbola Eropa yang telah mempunyai orientasi bisnis yang rapi. Presiden Inter Milan, Massimo Morrati adalah seorang taipan yang mengelola klub berjuluk Il Nerazurri ini sejak dekade 1990-an. Meskipun jajaran direksi berganti, namun kekuatan Morrati dalam menentukan “mau dibawa kemana klub ini” sangatlah kental, bahkan bisa cenderung dialah yang menentukan siapa yang boleh dibeli dan siapa yang tidak perlu dibeli.  

Contoh yang “bagai pinang dibelah kampak” juga dapat ditemui pada sosok Roman Abramovich. Mungkin bagi pecinta sepakbola sebelum tahun 2003 tidak pernah mendengar namanya. Namun bagi para pengamat bisnis, khususnya kawasan Eropa Timur, maka nama itu jelas tidak asing lagi, dia adalah taipan raksasa di negeri raksasa, Republik Federasi Rusia. Tanpa gembar-gembor sebelumnya, dia menggebrak dataran Inggris dengan menguisisi Chelsea, sebuah klub yang secara peringkat tergolong upper medioker. Koran-koran London pun heboh. Fans pun demikian. Dalam hitungan hari markas latihan Chelsea didatangi Andrian Mutu, Hernan Crespo, Claude Makele yang sudah berbaju zirah Chelsea. Tanpa sentuhan fulus dari sang entrepreneur, agaknya sulit membayangkan mereka sudi berkostum Chelsea. Itu terjadi di tahun 2003 dimana di akhir musim 2003/2004 mereka lolos ke Liga Champion. Sepak terjang Abramovich tak berhenti di situ. Dia mendatangkan Jose Mourinho. Berbagai pemain berbanderol langit pun direkrut dengan sentral kebijak ada padanya. Bahkan nama seperti Andrii Shenchenko pun merumput juga dengna balutan kaos biru Chelsea walau justru tidak diinginkan sang pelatih. Ini menunjukkan bagaimana seorang entrepreneur mempunyai kekuasaan dan kekuatan dalam menentukan siapa yang layak menjadi para pejuangnya.  

Sosok yang serupa dengan Morrati dan Abramovich. adalah Tommy Soeharto tatkala mulai menggebrak dunia otomotif Indonesia dengan merk mobil Timor. Berbekal kucuran dana serta tak bisa dipungkiri nama besar sang ayah ikut mendongkrak Tommy untuk jadi enterpreneur yang sangat kuat dalam lingkup internal perusahaan.

Sudut pandang lainnya adalah melihat pemegang kendali yang mempunyai pengaruh hingga ke eksternal perusahaan. Beberapa hal yang dapat disebut sebagai pertanda sang enterpreneur mampu menggebrak hingga eksternal perusahaan antara lain :
1.       Perusahaannya mampu mendominasi persaingan
Sebagai contoh, dapat dianalisis bagaimana Google sebagai produk search engine mampu mengkudeta Yahoo. Dan sampai dengan tulisan ini dibuat pun, Google masih menjadi kaisar search engine di dunia. Yahoo yang sempat dalam posisi kalah dalam memperebutkan peringkat pertama search engine namun masih memegang titel sebagai provider email paling laku saat ini harus merelakan Google meraih double winner di dua bidang tersebut.
2.       Perusahaannya mampu mengakuisisi perusahaan lain, baik serupa maupun lain jenis
Tidak perlu jauh-jauh. Yayasan Pendidikan Telkom pimpinan Herry Kusaeri mampu mengakuisi Sekolah Tinggi Ilmu Seni Indonesia (STISI) untuk menjadi bagian dari YPT Group dan beralih nama menjadi STISI Telkom. Proses pengakuisisiannya dilalui dalam dua tahap, yaitu akuisisi sebagian hingga akuisisi penuh. Kini STISI Telkom mulai diperhitungkan dalam persaingan antarperguruan tinggi. Hal ini tidak terlepas dari skema industri teknologi informasi dan komunikasi yang tidak hanya mengandalkan device maupun manajemen saja (dalam hal ini, YPT telah mempunyai IT Telkom, IM Telkom, serta Politeknik Telkom yang fokus di bidang teknik/rekayasa device secara proses engineering dan manajemen), namun juga mulai merambah pada aspek kebutuhan content. Hal ini yang akan menjadi stimulus untuk memasok tenaga kerja di bidang content dari STISI Telkom. Sebuah pemikiran yang cerdas dan menjadi indikator bahwa dalam ranah bisnis, YPT mempunyai iktikad untuk memegang kendali industri TIK di Indonesia.
Kadang apa yang menjadi gerak sang enterpreneur tidak melulu sesuai dengan ranah bidang perusahannya saat ini. Nirwan Darmawan Bakrie misalnya. Beliau justru menjadi investor dan ikut memegang kekuasaan dari aspek kepemilikan saham di 3 klub di 3 benua berbeda, yaitu Pelita Jaya Karawang di Liga Super Indonesia, Viese di Jupiler League, Belgia, serta Brisbane Roar di Australia A-League.
Khusus kasus Nirwan, selain motif bisnis, tidak bisa dipungkiri, beliau mempunyai ketertarikan luar biasa di bidang sepakbola dan nasionalisme tinggi. Maka status enterpreneur yang berkarakter pemegang kekuasaan, bukan hal yang mustahil baginya utnuk melebarkan sayap bisnisnya
3.       Usaha bisnisnya menjadi penggerak suatu minat masyarakat
Kembali penulis memberikan contoh dari sepakbola. Pada kasus Roman Abramovich, terjadi sebuah perkembangan sepak bola di masyarakat Rusia. Masyarakat Rusia pada 2003-an mulai melupakan sepakbola sebagai suatu olahraga favorit. Tenggelamnya nama Rusia di kancah sepakbola yang tidak seperti Uni Sovyet yang begitu melegenda menjadi sebab regresinya minat masyarakat Rusia. Namun gebrakan Abramovich yang disusul masuknya beberapa pemain Rusia ke tim Chelsea menjadi awal kembali bergairahnya persepakbolaan Rusia yang jug akembali digandrungi masyarakt Rusia. Hal serupa juga terjadi di Major League Soccer, yaitu liga sepakbola USA. Liga ini secara kualitas awalnya tidak menjanjikan, bahkan dibandingkan dengan Liga Meksiko (tetangga USA sekalipun) sangat jauh tertinggal. Namun dengan inisiatif para entrepreneur klub, berbagai pemain bintang seperti David Beckam, Robbie keane, Thierry Henry, Rafael Marquez menjadikan sepakbola mulai menggeser rugby sebagai olahraga favorit masyarakatnya.
Bagaimana dengan pembaca? Akankah mengikuti kisah-kisah di atas?

No Response to "Berkas Tugas Inov [1]"