Margasari-Slawi

Pernahkah anda mendengar Margasari?
Mungkin ada yang pernah ada yang belum ...
Berdasar hasil penelitian saya melalui aplikasi SIG di Wikimapia saya tampilkan foto indraja (penginderaan jarak jauh) alias remote sensing lokasi antara Margasari dengan Slawi.

Margasari, sebenarnya mengacu pada dua konteks, yaitu kecamatan dan desa. Kecamatan Margasari merupakan salah satu dari 18 kecamatan di Kabupaten Tegal. erletak di paling barat laut. Dalam konteks desa (ya desa, bukan kelurahan), terdapat sebuah Desa Margasari sebagai ibukota Kecamatan Margasari dengan 12 desa lainnya adalah Danaraja, Dukuh Tengah, Jatilaba, Jembayat, Kaligayam, Kalisalak, Karangdawa (sering disebut juga Karangasem), Marga Ayu, Pakulaut, Prupuk Utara, Prupuk Selatan, dan Wanasari.

Nah, sedangkah Kecamatan Slawi merupakan ibukota Kabupaten Tegal yang terletak persis di tengah kabupaten. Selain Slawi dan Margasari, kecamatan-kecamatan lainnya adalah Balapulang, Bumijawa, Bojong, Adiwerna, Lebaksiu, Pangkah, Dukuhturi, Dukuwaruh, Talang, Kedungbanteng, Warureja.

Sekitar hampir 5 tahun saya rutin bolak-balik Margasari-Slawi, yaitu setahun kelas 6 SD dan setahun kelas 3 SMP utk bimbel serta tiga tahun di SMA Negeri 1 Slawi. Well, kurang lebih 24 kilometer terbentang dari rumah saya s.d. pusat kota Slawi. Banyak kenangan indah diantara Margasari-Slawi

1 Response to "Margasari-Slawi"

L. Candrawilasita Hakim mengatakan...

Bahkan yang lebih parahnya karena gak pernah kesana yang seharusnya turun di Banjaranyar malahan bablas ke Margasari.
Pengalaman pribadi.