Icon Baru ala Google

Ada yang baru dari suguhan update alias pemutakhiran versi di Google Play, yaitu benuk icon sejumlah apps yang merupakan "kader" dari Google. Apps macam Google Music, Google Play TV and Movie, memajang icon berbentuk segitiga sebagai dan latar belakang serta icon tematik bebas sebagai latar belakang. Bentuk latar belakang setitiga yang relatif lebih besar plus menjadi kesamaan dengan apps serumpun lainnya menjadikan bentuk segitiga ini menempati status sebagai bentuk dasar icon. Bentuk segitiganya pun asimetis secara sumbu vertikal dengan wujud menyerupai icon "play" pada perangkat musik. Jelas hak Google menentukan akan berbentuk apa icon mereka, namun pemilihan segitiga jelas bukan hal yang lazim.
Kenapa benuk segitiga tidak lazim? Karena bentuk icon apps didominasi oleh dua bentuk utama, yaitu lingkaran dan persegi. Memang persegi yang dijumpai banyak bersudut tumpul, tapi pangkal bentuk dasarnya  masih beraroma persegi. Memang ada pula yang menyisipkan aksen sesuai brand-nya, tapi ternyata bentuk yang dihasilkan masih menyerap aroma persegi ataupun lingkaran. Lihat saja icon BBM, Blogger, Traveloka, Tokopedia, dll. Mereka masih dapat dikategorikan persegi. Begitu pula CCcleaner, WhatsApp, Path, yang masih satu "mazhab" lingkaran. Model icon di luar kedua bentuk itu sangat jarang, misalnya Dropbox.


Menarik untuk menyimak apakah inisiasi Google ini direspon positif atau tidak. Jika bisa diterima oleh pengguna AppStore, apakah bentuk segitiga akan diadopsi pula oleh aplikasi-aplikasi lain di luar "Koalisi Google Hebat". Saya pribadi suka dengan bentuk segitiga asimetris ini. Selain karena asimetris, bentuk ini merepresentasikan "play" alias kedinamisan. Namun bentuk ini memiliki kelirangan berupa ruang yang lebih sempit untuk mencantumkan berbagai aksesori akses dibandingkan lingkaran atau persegi. 

No Response to "Icon Baru ala Google"