Apa itu e-Agriculture?

Berikut beberapa definisi dari e-agriculture yang dikutip dari beberapa referensi :

e-Agriculture adalah bidang yang muncul sebagai perpaduan/irisan informatika pertanian, pembangunan pertanian dan kewirausahaan, mengacu pada layanan pertanian, diseminasi teknologi, dan informasi yang disampaikan atau ditingkatkan melalui Internet dan teknologi terkait. Lebih khusus lagi, melibatkan konseptualisasi, desain, pengembangan, evaluasi dan inovatif cara untuk menggunakan teknologi informasi yang ada atau muncul (FAO, 2005).

e-Agriculture adalah bidang yang muncul untuk meningkatkan pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan melalui proses-proses untuk akses pengetahuan dan pertukaran menggunakan informasi dan komunikasi (e-agriculture.com, 2006)

Dalam rencana aksi WSIS, berisi e-agriculture sebagai bidang aplikasi TIK :

  • Memastikan penyebaran sistematis informasi menggunakan TIK pada sektor pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan makanan, dalam rangka memberikan akses siap untuk komprehensif, up-to-date dan pengetahuan rinci dan informasi, khususnya pedesaan.
  • Kemitraan pemerintah dan swasta harus berusaha untuk memaksimalkan penggunaan TIK sebagai instrumen untuk meningkatkan standar produksi, pemasaran dan keamanan pangan. dan TIK.
·         
Electronic agriculture (e-agriculture) adalah proyek membangun sebuah database yang mengumpulkan sejumlah besar data dari stakeholder seperti berbagai instansi pemerintah, kearifan lokal, pasar, ladang petani, dan lain-lain (Rassameethes, 2007).

e-Agriculture dan e-Agribusiness pada dasarnya adalah pemanfaatan ICT dalam bidang pertanian atau bisnis di bidang pertanian. Dengan kata lain e-agribusiness adalah e-business di bidang pertanian. (Ingale et al, 2007).

Pemanfaatan TIK dalam bidang pertanian sering dinamakan e-agriculture atau e-agribusiness. Pengertian e-agriculture atau e-agribusiness sering diambilkan dari definisi e (electronic) dalam konsep Information and Communication Technology, yaitu kegiatan pertanian dan/atau agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ICT seperti komputer, internet, piranti lunak (softwares) dan piranti keras (hardwares), radio, televisi dan perangkat IT lainnya, serta orang yang mengoperasikan ICT tersebut (Soekartawi, 2007).

1 Response to "Apa itu e-Agriculture?"

azhar eyg mengatakan...

boleh minta sumber refrensi gan