Modelling Web Application

Pemodelan aplikasi website merepresentasikan perencanaan website, baik statis maupun dinamis ditinjau dari konten, hypertext, presentase, dan hal-hal lainnya. Secara fundamental, dapat ditentukan ruang lingkup berdasar skema orthogonal yang dijelaskan Gerti Kappel pada buku Web Engineering, The Discipline of Systematic Development, of Web Applications berikut:

Ortogonal 3 Dimensi Pemodelan Aplikasi

Pada phase (fase), pertama kali dilakukan adalah fase analysis, khususnya kebutuhan dan solusi yang dipergunakan dalam website nantinya. Fase berikutnya adalah design, yaitu perancangan prototipe berdasar analisis yang dilakukan tadi yang kemudian diakhiri fase implementation (implementasi), yaitu penerapan ke dalam website.

Di bagian level ada dua tingkatan, yaitu user interface serta application logic. Model pada user interface ditinjau dari sudut pandang pengguna website, misalnya pemilihan warna tampilan, pembagian elemen window. Sedangkan pada application logic, pemodelan mengacu pada proses-proses yang dilakukan aplikasi, misalnya melalui diagram konteks, diagram navigasi. Sudut pandang lojik ini bertujuan menguraikan tipe desain untuk diimplementasikan dalam hubungan struktur status.

Sementara itu, pada aspect, perlu diperhatikan dua aspek, yaitu behavior (tingkah laku) dan structure (struktur). Pemodelan behavior umumnya dibuat dengan use case serta UML, sedangkan pemodelan structure dapat dilakukan dengan misalnya dengan data flow diagram, entity relationship diagram.

Untuk melakukan proses pemodelan, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
  • Berisi representasi domain informasi, fungsionalitas software, serta tingkah laku software
  • Pemisahan representasi-representasi tersebut
  • Bergerak dari intisari menuju implementasi

Tujuan pemodelan adalah mendeskripsikan aplikasi yang dibuat serta menarik batasan dalam website tersebut. Hal ini lebih mengarah pada manajemen ruang lingkup dan menjadi acuan apakah aplikasi yang dibuat mengalami pelencengan atau tidak.

No Response to "Modelling Web Application"