12 Elemen pada Homepage

Dua hari lalu, pasca-evaluasi tampilan website di sebuah proyek di PAJ, saya mencoba browsing tentang kajian mengenai panduan konten dalam homepage di sebuah website. Sepintas gampang, sejenak yang sering terpikir adalah suasana ramai. Opsss, ternyata perlu berpikir yang "dalam".

Salah satu artikel di hubspot.com memberi paparan tentang 12 elemen penting yang harus ada pada homepage sebuah website yang menawarkan layanan kepada pengguna internet,
Apa saja?

Sumber: hubspot.com


  1. Headline, singkat, deskriptif, dan menjawab pertanyaan "apa yang ditawarkan"
  2. Sub-headline, ringkasan penawaran, tampilkan secara unik dan menunjukkan nilai yang spesial. Persuasif namun tidak narcis
  3. Benefit, jelaskan kenapa harus memakai dan bagaimana bila mengabaikan tawaran ini, tentunya dengan bahasa yang menarik
  4. Primary Calls-to-Action (CTA), berisi alur yang akna dilalui oleh konsumen ketika memutuskan memakai layanan yang ditawarkan. Jangan membagi langkah-langkah tersebut ke dalam tahapan yang panjang karena memberi kesan bahwa user kurang "dimanjakan"
  5. Features, berisi item-item spesial yang akan diperoleh oleh user ketika mempergunakan layanan ini
  6. Customer Proof, pasang testimoni dari mereka yang pernah memakai layanan ini. Perhatikan kekuatan individu pemberi testimoni yang memberi rekomendasi, faktor "siapa dia?" tentu memberi kontribusi yang signifikan
  7. Success Indicators, sajikan bukti berupa statistik maupun pengharagaan yang menunjukkan kualitas yang telah dicapai oleh layanan ini.
  8. Navigation, sediakan navigasiyang jelas dengan memperhitungkan kebutuhan user, misalnya daftar harga, portofolio, daftar klien, profil perusahaan
  9. Supporting image, pengguna komputer didomminasi oleh orang yang sibuk dan efisien dalam memakai internet (sibuk kerja, pulsa terbatas dll). Kesan yang mudah melekat dengan kesempatan terbaca yang sempit tersebut adalah menampilkan visual yang mendukung, tidak harus perfeksionis, setidaknya sesuai konteks dan mengarahkan user untuk percaya bahwa produk kita merupakan jawaban dari kebutuhan user
  10. Content Offer, mengignat waktu pemakaian internet yang terbatas, sediakan beberapa file yang bisa disimpan oleh user, sehingga sifatnya accessable without internet, misalnya company profil. 
  11. Resources, menurut web ini, 96% visitor sebuah web dalam kondisi belum siap membeli, bisa dibilang sedang mencari rujukan/pembandingan layanan. Maka sediakan layanan informasi tambahan kepada user untuk berinteraksi lebih lanjut dalam mempelajari layanan yang ditawarkan.
  12. Secondary CTA, Ada tipikal user yang ingin membaca web hingga selesai barulah mengambil keputusan untuk memakai layanan tersebut atau tidak. TIpikal user yang demikian perlu diakomodasi dengan secondary CTA.

No Response to "12 Elemen pada Homepage"