Preview Desain Website 2014

Sejumlah portal memunculkan berbagai prediksi tentang desain yang akan menjadi trend di tahun 2014 ini.  

Berikut rangkuman prediksi desain versi TheNextWebCarolinaRPG dan RedExperts.

  1. Non-boring typography, gunakan font yang tidak terlalu norak, pakai yang nyaman untuk dibaca dalam waktu yang relatif lama, serta jangan terlalu memakai banyak jenis font dalam sebuah website.
  2. Flat design, kesederhanaan desain dimana informasi yang hendak disampaikan dapat langsung diarahkan kepada user. Contoh yang keren nih http://pragmaticlab.com/, ini juga http://indonesiakreatif.net. 
  3. Large hero areas quickly killing sliders, area luas dengna berbagai konsep background mulai menguasai atensi dengan konten tulisan disajikan secara efektif. Namun ruang kosong harus tetap proporsional.
  4. Heavier focus on mobile, pembuatan desain website saat ini harus menyertakan analisis ketika ditampilkan di layar smartphone. Konsekuensinya cukup telak, ukuran resolusi yang beragam ujung-ujung mengharuskan perhitungan yang matang untuk menentukan mana yang harus bersifat responsif berupa persentase layar, dan mana yang sifatnya fixed-size.
  5. Videos in place of text, semakin besar dan mudahnya mencari bandwidth menyebabkan akses video bisa lebih cepat
  6. Long scrolling sites, sempat dianggap memperlambat penyerapan informasi, namun justru konsep space yang lebih lebar serta ukuran huruf yang lebih besar menjadikan panjang scrolling mulai "ditoleransi" dan "diwajarkan". Saat ini, kunci agar scrolling menjadi hal yang mnyenangkan adalah memainkan desainnya seperti di web http://www.noiretrenoir.com/parallax/.
  7. Simple color schemes, perpaduan warna tidak terlalu ramai, asalkan kontrasnya berpadu cantik, itu sudah cukup mengakomodasi kenyamanan mata yang melihat
  8. Simplified content, desain pada website yang berisi konten beragam ternyata tidak perlu muluk-muluk nan rumit. Penataan lebih memegang kunci dalam memanjakan user ketimbang efek-efek visual yang justru sering tidak tepat guna bagi user.
  9. Dropping the sidebar, terlalu banyak sidebar yang "berkedap-kedip dalam waktu bersamaan di sebuah layar ternyata membingungkan user. Solusinya, pandai-pandailah memilih, mana info yang layak dijadikan slide, mana yang tidak. Meskipun tujuan slide adalah meringkas informasi agar sesuai dengan ukuran layar yang tersedia, namun hal ini masih dianggap ramai bagi sejumlah user. 
  10. Manipulated imagery and animation, pada gambar/image yang tidak menjadi pendukung konten tulisan, misalnya hanya sebagai background, perlahan menemukan "trend" untuk dibuat kabur. Selain dibuat kabur, masih ada sejumlah trik mengolah image agar sesuai kebutuhan website dan menghindari "perang antar image". Ada kalanya, desainer menampilkan animasi berupa penggiringan user agar memakai user sesuai keinginan developer. Kolaborasi javascript, CSS, plus flash menjadi permainan asik yang menyenangkan bagi mata user, coba deh buka web ini http://wagerfield.github.io/parallax/.


No Response to "Preview Desain Website 2014"