Dan masih terus Belajar PKI (versi yang legal)

 
Menjelang 30 September 2015 (hari ini), saya malah "dijejali" ajaran-ajaran tentang PKI. Eitss, nanti dulu, ini bukan Partai Komunis Indonesia. Tapi Public Key Infrastructure, nah lho, aya naon deui ieu (sok-sokan Bahasa Sunda, ceritanya kangen istri yang masih di Bandung)

Kesempatan untuk mendalami tentang PKI ini beririsan dengan amanat di sebuah proyek yang sedang saya jalani di Kemkominfo. Di sini ada jadwal Training PKI yang melibatkan beberapa personel di Kemkominfo serta tim proyek CA. Tim trainer-nya "diimpor" langsung dari Korea Selatan (itu lho, negera yang beberapa hari lalu ada turnamen Korea Terbuka, terus Indonesia juara badminton di situ).

Mengasyikan mempelajari ilmu baru yang nggak baru-baru banget. Kebetulan di proyek Indonesia Kreatif selama 3 tahun belakangan, saya juga kerap berurusan dengan infrastruktur dan manajemen akun, termasuk proses pengamanannya. Dan tentunya urusan "tugas spesial" terkait assessment OpenSSL dari CTO saya hehee. Agak "nggak baru-baru banget" juga karena satu semester lalu harus mengurai benang panjang tentang Manajemen Risiko di MTI Fasilkom UI. Namun "ilmu baru" karena saya selama ini tidak sebegitu mendalami PKI. Apalagi dengan status TA di area SIDE dan Lab di area ICM, tentu ini menjadi tantangan belajar yang asyik. Ya terlepas dari rekor buruk jika berjumpa dengan matkul area Telematics hehee..

Yuk belajar PKI, insya Allah hingga Desember 2015 nanti. Semoa ilmunya bermanfaat :D

No Response to "Dan masih terus Belajar PKI (versi yang legal)"