Tips Desain Bulan ini

Membuat publikasi merupakan tantangan uang akan terus berkesan. Segala tantangan, mulai dari utusan teknis (ngoprek perangkat desain) maupun urusan sosial (negosiasi konten, selera, persepsi), akan menghampiri. Dalam prosesnya, mau tidak mau, perlu beberapa macam trik untuk menghasilkan produk desain yang kreatif, efektif, estetis, sekaligus "jalan tengah". Desain-desain demikian sangat perlu untuk publikasi kegiatan, info kompetisi, info rekrutmen, dll. Sebelumnya, perlu diingat bahwa kegagalan sebuah desain akan mempengaruhi tingkat ketertarikan pembaca dan ujung-ujungnya tingkat partisipasi orang di dalam kegiatan yang dipublikasikan tersebut berkurang dan malah jauh dari target. Indikasi desain yang "berbahaya" antara lain:
- Terlalu banyak atau ramai tulisan
- Alur membaca konten kurang sesuai
- Kesan kegiatan terlalu eksklusif
- "Permainan" warna kacau

Berikut beberapa solusi yang bisa diterapkan dalam "mengakali" masalah-masalah di atas:
- Fokus pada objek yang harus diketahui di awal, misalnya persyaratan, siapa penyelenggaranya, cara partisipasi, dan tak lupa tanggal-tanggal penting serta kontak narahubung.
- Gunakan bahasa yang ringkas sehingga ukuran huruf bisa lebih besar dan space antarkata/antarkalimat bisa lebih nyaman.
- Jangan seenaknya memadukan warna; cobalah sesekali cari inspirasi palet-palet warna; sebagai gambaran, warna merupakan daya tarik paling pertama unuk memancing pembaca, bahkan mendahului tulisan judul.
- Manfaatkan IT yang akan mendukung pros es penyampaian dan penerimaan informasi. Pertama gunakan web/blog milik organisasi penyelenggara sebagai tempat menampung info-info yang lebih detail. Sebagai contoh informasi tentang format penulisan paper jangan diuraikan di poster, sediakan saja deskripsi detail di web, bahkan sediakan saja template untuk memudahkan proses editing nantinya. Oh ya, jangan paparkan link yang terlalu banyak di poster, misalnya "persyaratan: http:....., mekanisme pendaftaran: http:......., mekanisme penilaian: .....", cukup sediakan satu URL web dan biarkan pembaca browsing mandiri. Satu lagi, manfaatkan fitur shortener link seperti bit.ly agar pembaca tidak kesulitan mengetikkan URL yang harus dituju.

Semoga bermanfaat

No Response to "Tips Desain Bulan ini"