Tour de UI 2008

Salah satu foto jadul yang lumayan memberi kesan tersendiri. Saat itu saya (dan juga rekan-rekan di foto tersebut) baru saja mengakhiri semester 5 di SMA masing-masing. Artinya kami hampir menuntaskan jenjang SMA/SMK/MA dan akan memasuki jenjang pendidikan tinggi yang "ngenes"-nya masih bureng. Acara yang kami ikuti di foto ini, yaitu Tour de UI merupakan salah satu dari alternatif untuk membuka wawasan tentang perkuliahan, khususnya di kampus legendaris, yang masih terlalu waaah bagi masyarakat Tegal Raya, yaitu Universitas Indonesia (UI).




Secara pribadi saat itu sudah mulai membulatkan tekad untuk mengambil Teknik Informatika di IT Telkom. Namun partisipasi saya acara ini menggusung beberapa target inspirasi. Yang paling utama jelas, yaitu menyerap informasi dan juga menjalani simulasi kecil kehidupan di dalam kampus. UI, dengan asrama dan gedung perkuliahannya yang gedeeee banget, memiliki potensi untuk dijadikan "wisata edukasi" bagi siswa SMA/SMK/MA yang hanya tahu suasana perkulihan dari cerita senior ke senior. Tidak ada social media yang memberi "treaser" hal-hal menarik di dunia perkuliahan, apalagi fanpage macam Kartun Mahasiswa :v . Bocoran suasana perkuliahan pun jarang didapati dari film-film fiksi di televisi, mmmm, wabah SMA/SMK/MA sebagai latar belakang FTV saat itu mulai terjadi, setidaknya sedikit lebih baik daripada sekarang yang mulai memangsa SMP/MTs. Hanya saja, di balik tekad bulat yang sudah bundar di kampus yang berlogo globe, tetap saja saya menyimpan angan berkuliah di sini, termasuk melanjutkan S2.




Ternyata sekitar 6 tahun pasca-kunjungan itu, saya "kembali" ke UI. Bukan sebagai numpang lewat ikut acara apa gitu, melainkan registrasi maba S2. Registrasi yang mengawali petualangan 3 semester (lebih dikit) sebagai mahasiswa UI dengan berbagai kekhasannya.

No Response to "Tour de UI 2008"