Injury Times Come Closer

Alhamdulillah proyek di Kemkominfo memasuki fase penyelesaian teknis. Revisi menjadi santapan sebulan terakhir. Menarik sekali bagi saya menyimak dinamisnya diskusi mengenai implementasi keseluruhan rencana Kemkominfo terkait Infrastruktur Kunci Publik, khususnya pasca-serahterima produk "knowledge" dari tim proyek kami.

Di proyek Kemkominfo ini saya bersama tim proyek menyusun sejumlah modul pengetahuan yang berisi rancangan ketentuan/regulasi, penjelasan konseptual, hingga spesifikasi teknis terkait IKP, khususnya sertifikat elektronik. Sebagai klarifikasi, ini bukan piagam yang di-scan lho ya gaesss. Teknologi sertifikat elektronik di Indonesia agaknya sekian tahun tertinggal implementasinya dibandingkan negara-negara lain, termasuk Myanmar dan Thailand. Alhamdulillah di dalam proyek ini, saya juga berkesempatan belajar langsung mengenai penyusunan CP/CPS sebagai bagian dari dokumen yang menjadi persyaratan PSrE di Indonesia.

Di sini saya banyak belajar tentang bagaimana memahami konsep teknologi yang sangat baru (di lingkup Indonesia) yang kebetulan terkait dengan Telematika, KK yang matkulnya paling membuat saya teler hehee.

Di sini saya belajar berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara langsung dengan WNA yang menuntut saya berpikir dan berkata cepat agar tidak terjadi lack of communication (etdaaah apaa ini?wkwkwk).

Di sini saya belajar berpikir ilmiah dalam menyajikan kalimat dengan mempertimbangkan sisi teknis, bahasa, serta sosial-humaniora. Tentu bukan hal mudah menjembatani kebutuhan yang bersifat regulasi s.d. teknis. Namun itu semua saya nikmati sebagai bagian dari pembelajaran.

Di sini saya belajar manajemen proyek, baik dalam arti tanggung jawab kolektif maupun tanggung jawab individu. Saya menikmati ini semua, bagaimana itu mengendalikan target serta menjalani proses.

Di sini saya belajar kultur di pemerintahan yang berbeda dengan sektor swasta. Aspek hukum sebagai birokrat perlu diperhatikan selain mengerahkan gagasan yang bersifat teknis. Belajar pula tentang kepemimpinan organisasi yang sangat melihat hierarki dalam melandasi kebijakan.

Di sini saya belajar banyak dan semoga itu bermanfaat, baik kepada Kemkominfo maupun ke tiap personel di tim proyek ini.

Nuhun kepada Kemkominfo, Pak Yudho, Dita, Nisa, dan juga Bang Tomi atas kesempatannya berkarya kali ini.

No Response to "Injury Times Come Closer"