Rangkiman Islam 5 Dimensi

Rangkuman petuah berharga dari Dr. K.H. Asep Zaenal Ausop, M.Ag. tentang Islam Lima Dimensi dalam di Masjid Salman ITB (27/2).

5 potensi buruk yang dimiliki oleh manusia:
1. Dhaluman, yaitu sikap mendzalimi diri sendiri walaupun sudah tahu bahwa hal tersebut buruk, misalnya merokok. Hal ini diingatkan dalam Al-'Aĥzāb ayat 72, "Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh".
2. Jahula, tidak bodoh tapi suka bertindak bodoh ataupun sudah tahu tercela namun masih melakukan perbuatan tersebut. Contoh nyata adalah meminum miras walaupun sidah tahu bahayanya, tahu larangannya, bahkan ada minuman lain lebih murah dan bermanfaat seperti jus :)
, thu trcela tpi dijalankan
3. Halu'ma dan jazu'a, taitu sikap suka mengeluh serta berkeluh kesah. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan manusja bersyukur atas apa yang diterima atau dimiliki dan memandang hanya dari sisi negatif tanpa menyadari kebaikan manfaat yang ada. Kita bisa melihat fenomena ini dari Surat Al-Ma`ārij ayat 19-20, "Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah".
4. Manu'a, yaitu sikap kikir, baik kepada diri sendiri mauoun orang lain.

5. 'Ajula, yaitu bertindak dengan suasana tergesa-gesa. Ada sebuah ayat yang emnyinggug kebiasaan ini, yaitu Al-'Isrā' ayat 11, "Dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa."

Kita harus bisa mengganti perbuatan-perbuatan di atas dengan sikap adil, yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya; bertindak cerdas dan sabar atas apa yang terjadi pada kita; serta bersyukur atas apa yang ada pada kita.

5 hal yang berhubungan dengan manusia, yaitu:
1. Abid, hamba Allah karena memang hanya Allah yang patut disembah. Diterangkan dalam Adh-Dhāriyāt ayat 56, "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku".
2. Khalifah, wakil Allah sehingga kita wajib menegakan keadilan hukum-hukum Allah di muka bumi. "Penunjukan" manusia sebagai khalifah dipaparkan dalam Al-Baqarah ayat 30, "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: 'Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi'. Mereka berkata: 'Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?' Tuhan berfirman: 'Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui'".
3. Ro'in, yaitu pemimpin sebagaimana dipesankan dalam hadis Rasulullah bahwa "Kalian semua adalah pemimpin dan kalian semua akan ditanyai atas kepemimpinan kalian".
4. Da'i, misi berdakwah dalam rangka mengingatkan kebaikan. Salah satunya termaktub dalam At-Taĥrīm ayat 6 "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan".
5. Visi, misi, strategi, yaitu tentang apa target yang kita harapkan dari kehidupan ini serta bagaimana mewujudkannya. Visi ini adalah terwujudnya kehdupan yang baik di dunia dan akhirat, sedangkan misinya adalah beribadah pribadi dan kolektif, yaitu memakmurkan kseejahteraan hidup seluruh manusia. Kemudian yang menjadi strategi adalah menjadikan semua aktivitas sebagai ibadah.

Wallahualam.

No Response to "Rangkiman Islam 5 Dimensi"