Review 5th Wave

Kepenasaran saya dengan film ini hanya diawali faktor angka 5 yang menjadi bagian dari judul. Selain itu, dari preview di internet tampak kemisteriusan maksud "kelima". Di preview film ini, diceritakan serangan alien yang dilakukan secara bertahap. 4 tahap pertama dilakukan secara gamblang dan mampu memusnahkan populasi manusia dalam jumlah banyak. Gelombang pertama adalah gelombang elektro yang memadamkan seluruh peralatan manusia, gelombang kedua adalah tsunami dan banjir, diikuti gelombang ketiga berupa wadah massal yang menular, sedangkan gelombang keempat adalah "pembungkaman". Lantas bagaimana suguhan utamanya, yaitu serangan tahap kelima?

Cerita film 5th Wave ini diawali dari monolog si pemeran utama, yaitu Cassie Sullivan, mengenang situasi menjelang invasi para alien. Bencana alam dan wabah penyakit menjadi wujud dari serangan-serangan yang berhasil memorak-porandakan peradaban manusia. Bahkan keluarga si tokoh utama pun harus bercerai-berai dimana ibunya wafat karena penyakit sedangkan ayahnya gugur dalam konflik bersenjata. Adik si tokoh utama, yaitu Sam, pun terpisah lantaran dibawa tentara ke kamp pengungsian. Di sinilah suasana "gelap" memayungi film ini.

Si adik ternyata dilatih untuk menjadi prajurit pilihan oleh para tentara. Si adik ternyata satu satuan dengan Ben Parrish, seorang kawan kakaknya. Prajurit ini rencananya akan dikerahkan oleh Vosch, komandan para tentara untuk bertempur melawan alien-alien yang telah merasuki tubuh para manusia yang tersisa di luar. Para manusia yang telah dirasuki tersebut dilabeli sebagai "gelombang invasi kelima" alias "5h wave" oleh para tentara. Di luar dugaan, di tengah pertempuran tersebut, Ben menemukan fakta tak terduga bahwa sebenarnya manusia yang diduga telah dirasuki tersebut justru manusia normal. Para prajurit pilihan ini akhirnya menyadari bahwa yang dimaksud 5th wave atau gelombang kelima itu sebenarnya adalah para prajurit yang dimanfaatkan para tentara untuk membasmi para manusia yang (sebetulnya) normal. Mengapa demikian? Ternyata para tentara yang menugaskan tersebut malahan para alien.

Lantas bagaimana petualangan si kakak menyelamatkan si adik yang terjebak di tengah konflik?
Bagaimana pula kisah "survival"-nya si kakak di tengah belantara hutan yang dipenuhi "ranjau" para alien?

No Response to "Review 5th Wave"