Algoritme, bukan Algoritma

Kemarin saya terlibat dalam sebuah tim kecil yang sedang menelaah rancangan dokumen. Di tengah suasana yang dinamis, saya menemukan sebuah kata awalnya saya kira salah tik, yaitu "algoritme". "Lho bukannya algoritma ya?", begitu gugam saya dalam hati. Iseng saya mengecek ternyata di rancangan dokumen ini banyak yang memakai "algoritme". Saat saya tanyakan di forum,ada seorang kawan yang menginfokan bahwa yang baku (dan diakui di KBBI) adalah "algoritme", bukan "algoritma". Kaget juga dengan info baru ini. Ternyata benar, di KBBI daring pun hanya mengakui eksistensi "algoritme", sementra itu jika kita mengetikkan "algoritma" maka akan diarahkan sugesti ke "algoritme".

Dengan latar belakang rumpun ilmu komputer, saya sudah terlanjur biasa mendengar, melihat, menuliskan, dan mengucapkan "algoritma". Saya perlu mengoreksi diri di kemudian hari. Pun dengan kawan-kawan lain yang perlu saya ingatkan. Padahal di banyak literatur, entah itu buku, jurnal, maupun artikel populer, ternyata keliru juga.

No Response to "Algoritme, bukan Algoritma"