Citarasa Thailand di Langkawi


Saya bukan individu yang jeli dalam mengomentari makanan. Selagi halal dan bersih plus tidak alergi, saya menganggap makanan itu tentunya enak (apalagi mie nyemek ala saya sendiri). Secara pribadi saya juga berpatokan bahwa saya baru mau mengatakan makanan enak kalau istri saya menyatakan lebih dulu. Berhubung istri saya sudah mendeklarasikan enaknya sajian berikut ya artinya saya sudah bisa ikut mengiyakan opini beliau hohoo.

Nah, sebetulnya agak aneh wisata di Malaysia tapi malah mengomentari masakan Thailand. Ah biarlah, siapa suruh buka kedainya di Langkawi hehee. Nah, dua masakan berikut ini saya tidak hafal namanya apa, tapi sangat saya rekomendasikan bagi Kawan-Kawan yang ingin wisata kuliner di Langkawi, khususnya daerah Kuah.

Modal bentuk geografis berupa pulau agak kecil, wajar jika Langkawi "mengumbar" hidangan laut sebagai sajian andalannya. Sentuhan Thailand menjadi balutan tersendiri dalam prosesnya. Restoran (ah sebut saja kedai, harganya relatif murah untuk ukuran restoran hehee) Wan Thai menyuguhkan ikan segar dengan kuah yang sangat lezat. Rasanya memang asam atau kecut sedikit pedas, tapi menggugah selera. Banyak potongan kecil bawang putih dan cabe membuat citarasanya kian kental. Buat orang yang nggak terlalu suka bawang (termasuk saya), ternyata sajian tersebut malah membuat saya tergoda dan rela mem-filter bawang dan cabe dari kuah dan daging ikannya.

Sebagai penutup, kudapan sederhana berupa beras ketan dan mangga disertai kiah santan menjadi senjata pamungkas yang mantap. Kalau harga ikan tadi relatif murah, sayangnya harga kudapan klimaks ini malah relatif mahal. Tapi tak apalah, sekali seumur hidup. Malahan saya dan istri berkeinginan meracik sendiri kudapan tadi, toh bahan-bahannya relatif mudah didapatkan di Indonesia.

No Response to "Citarasa Thailand di Langkawi"