5 tahun Pramuka Universitas (IT) Telkom

17 Mei 2014...sebuah tanggal yang menandakan 5 tahun Pramuka di IT Telkom yang kini bernaung menjadi Universitas Telkom

sebelum 17 Mei 2009
Dalam sebuah sesi presentasi praktikum Fisika Dasar, berkenalanlah dua orang Arfive (IF-2008) dan Triyoga (SK-2008) yang ternyata sama-sama eks-Pramuka di SMA-nya dulu. Lantas diperkenalkanlah Yoga dengan Ridwan (TI-2007). Gayung bersambut, ada kesamaan ide untuk membangkitkan keparmukaan di ranah perguruan tinggi IT Telkom. Maka sepakatlah memublikasikan ide tersebut melalui poster mading.

17 Mei 2009
Sebuah pertemuan yang bernuansa sederhana berlangsung di saung IT Telkom dimana Ridwan, Triyoga, Arfive menyambut partisipasi dari Dimas (SK-2008), Eka (TT-x2008), Prima (TT-2007), dan Epi (TT-2008). Tidak ada gelegar kecuali sebuah kesamaan visi untuk mendirikan kepramukaan di IT Telkom. Berselang beberapa hari kemudian, Firdauska (TT-2008) bergabung menjadi perintis.

Senyuman khas anak muda hehee

Latihan perdana berupa mendirikan menara sederhana oleh Eka, Firdauska, Prima, Arfive, dan Triyoga. Sore yang tidak pernah dibayangkan menjadi tonggak sebuah perjalanan yang masih sangat jauh.

Berbaur dengan peserta Jambore Cabang Kwarcab Bandung 2009

Dukungan dari Kwarcab Bandung menjadi sokongan yang berarti. Partisipasi untuk menjadi sangga kerja di Jambore Cabang Kwarcab Bandung di Kiarapayung merupakan inspirasi untuk mengibarkan eksistensi yang tak sekedar ada, tapi memberi manfaat. Akhir 2009 memang memberi warna yang memacu semarak.

2010
Status Organisasi Kemahasiswaan diperoleh dari BK IT Telkom dimana tampil sebagai pembina kak Endang Budiasih dan kak Achmad Rizal. Upaya meng-go public-kan terus digencarkan melalui sebuah talkshow tentang kepribadian. Di tahun ini, aspek organisasian, khususnya kaderisasi dan administrasi benar-benar menjadi tantangan terbesar. Upaya pengajuan sekretariat menemui kendala sehingga status ormawa tanpa sekre harus diterima. Walau demikian tambahan personel-personel tangguhan menjadi kekuatan yang menggebrak dengan berbagai inovasinya.

Talkshow Kepribadian bersama Kak Achmad Rizal dan Kak Saiful

Lesehan pagi membahas perkembangan Saka di Indonesia

Sebuah gelaran untuk Pramuka Perguruan Tinggi pun berhasil diikuti, yaitu yang diselenggarakan di Bumi Wong Kito Universitas Sriwijaya, Kota Palembang. Sebuah sajian manis yang menutup tahun 2010 dengan penuh harapan.

2011
Penyehatan organisasi menjadi sasaran kerja yang diutamakan. Struktur yang lebih solid menjadi harapan walau harus memberi risiko yang cukup keras, yaitu pembentukan struktur organisasi racana putri ditunda dan tata kelola organisasi diselenggarakan dengan bantuan racana putra mengingat jumlah pramuka putri yang minim saat itu.

Menjadi undangan pada Penandatanganan MoU Pembentuka Saka Telematika antara PT Telkom dengan Kwarda Jawa Barat

Suasana pasca Musyawarah Racana 2011 di GSG

Foto bersama pasca-pelantikan Ketua Dewan Racana periode 2011, Triyoga Adi Perdana

Berkunjung ke kediaman Kak Gunawan Haris, penggerak kepramukaan di dalam PT Telkom

Ramainya peserta KMD UPI dimana Racana IT Telkom ikut menjadi peserta di dalamnya


Usia dua tahun ini juga menjadi momen tersendiri ketika sebuah event bernama IT Telkom Scout Championship menjadi inovasi kompetisi Pramuka SMA/MA/SMK se-Bandung Raya. Kemeriahan yang sanggup menyedot atensi dari DKR, DKC, DKD, hingga DKN. Begitu pula perhatian dari rektor selaku Mabigus yang memberi kredit tersendiri.

Sore yang legendaris dimana kompetisi IT Telkom Scout Champioship dihelat dan tak lupa bantuan personel dari Racana Universitas Padjadjaran

Di lingkungan Pramuka perguruan tinggi pun mulai banyak yang mengenali sebuah gerakan kepramukaan dari tatar Bandung, yaitu IT Telkom. Dua event nasional, yaitu TKNP3T di Universitas Gadjah Mada dan PNPPT di Universitas Hasanuddin merupakan pengibaran semangat untuk memekarkan potensi agar bisa memberi kontribusi di kancah kepramukaan nasional.


Berbaur bersama kontingen racana lain dalam TKNP3T di Universitas Gadjah Mada 2011

Di penghujung tahun semangat mulai mengalami penurunan. Banyak personel yang tersedot kegiatan kemahasiswaan lain diiringi penurunan intensitas kegiatan bersama. Alhasil Dian Kurniawan (SK-2010) harus menghadapi tantangan berat untuk mempertahankan eksistensi.

2012-2013
Bisa dibilang dua tahun ini menjadi periode terberat ketika kondisi mengalami "kegersangan" personel. Memang ada personel baru namun tata kelola administrasi serta kaderisasi menjadi tantangan terbesar. Bahkan di dalam proses verfikasi ormawa tingkat unviersitas yang diadakan rektorat Universitas Telkom, Pramuka harus ikhlas menerima kenyataan untuk tidak lolos administrasi.

Suasana JOTA di Batununggal

Pendakian dalam rangka Ordaspram 2012

Kak Dian Kurniawan, sang pekerja keras di 2012-2013 :), saya selalu salut dengan konsistensinya

Meskipun terjadi penurunan intensitas agenda, tidak berarti Pramuka "mati". DI tengah sempitnya kesempatan berkembang ini, justru kerja sama dengan Lab Antena membuahkan penyelenggaraan JOTA-JOTI yang memesona dimana adik-adik dari pangkalan sektiar kampus ikut serta.

DI tengah gersangnya kegiatan, semangat itu akan selalu ada tiada padam

2014
Aksi Peduli Kelud yang dikomandoi oleh Ilham

Harapan itu selalu ada ketika kita mampu menatap langit penuh optimisme.Dimotori oleh Ilham (IF-2011), Agie (TT-2011), dan Indra (IF-2011) kini api semangat terus dikobarkan. Memang tidak mudah karena perlu strategi branding dan pengelolaaan SDM agar Pramuka menjadi Ormawa yang solid.

1 Response to "5 tahun Pramuka Universitas (IT) Telkom"

uncalbogor mengatakan...

tetap semangat kakak kakak semua.....