Great Challenge with OpenERP

OpenERP, sebuah aplikasi yang kini namanya Odoo. Namanya sudah berganti namun saya sebut saja kali ini tetap OpenERP hehehee....

Arghhh....antara seneng dan puyeng dengan tantangan kali ini, yaitu implementasi OpenERP untuk holding company di PAJ, yaitu SWT dengan brand-nya ticket-inc. Pengalaman ERP, mmmm, paling banter ng-install wkwkwkkkk...astaghfirullah, terus kok bisa dapet tantangan ini sih?

Ceritanya COO-nya mau dipersiapkan web untuk Ticket-inc dan karena PIC web apps di PAJ ini saya, mau dipanggillah saya. OK, domain plus hosting sukses diakuisisi, berikutnya ngurusin mau diisi apa web-nya? Nah dimulailah kecambuk tugas ini. Rencana implementasi IT, khususnya pembangunan sistem informasinya ini ternyata riweuh, ada keinginan di website, ada kebutuhan pelaporan transaksi ke konsumen, ada harus rekap transaksi ke maskapai. Dipanggillah saya oleh CTO untuk urun rembug mau bagaimana ini IT-nya. Setelah menimbang-nimbang berbagai aspek, kebutuhan dalam waktu dekat ini adalah pembuatan sistem informasi pencatatan transasksi. Proses bisnisnya kemudian dirancang oleh CTO dengan mengadopsi OpenERP.

Eh eh eh, mendadak saya diminta mempersiapkan meeting kepada tim SWT (plus saya juga) oleh beliau. Heh?? Di situ setelah memperoleh penjelasan, saya ditugaskan mengawal implementasi IT di dalam Ticket-inc. Melalui pergulatan panjang dan belum berakhir, maka mau tidak mau saya harus mempelajari OpenERP.

Memang sudah ada batasan operasional di dalam aplikasinya. Namun tantangannya belum berakhir kawan -_-"

Pertama teknis prosedur masih ada yang perlu ditekan lagi kecepatan dan efektivitasnya.

Kedua masih ada yang perlu diyakinkan bahwa OpenERP menjadi solusi yang tepat maka sebagai Tim IT saya harus lebih dulu tahun manfaatnya OpenERP itu apa

Ketiga, selalu ada kemungkinan salah klik, salah ketik, dan hal-hal lain di luar prosedur yang betul. Maka, mau tidak mau saya harus belajar penanganannya bagaimana

Keempat, saat ToT ada yang belum saya ingat benar prosesnya, sehingga mau tidak mau belajar dari awal lagi

Insyaa Allah ada manfaatnya pembelajaran OpenERP ini :) :) :)

No Response to "Great Challenge with OpenERP"