Direktori Lokal Entrepreneur Kampus

Contoh virtual booth dari http://waterworld.com

Melihat web Indonesia Kreatif di bagian direktori (directory.indonesiakreatif.net) dan web ITPB (URL-ny masih rahasia karena belum launching ^^) jadi dapat inspirasi bikin direktori buat mahasiswa yang jadi lagi jadi entrepreneur di kampus. Wah...badhe kunaon ieu ??
Konsepnya sederhana...:)
Bisa diinisiasi oleh BEM, bisa pula himpunan ataupun ormawa lain yang terkait kewirausahaan.

Diawali dengan menyediakan sebuah website yang isinya itu virtual booth. Weh..opo meneh kui??
Virtual booth ya bisa dibilang booth alias stand alias outlet yang sifatnya digital (agak gaib hehee). Kemudian disajikan ke dalam wujud pameran/ekshibisi yang tampil di monitor.

Di sini setidaknya diperlukan 3 kekuatan:
  • Pertama programming untuk mengubah ide-ide menjadi produk "astral" yang lebih manusiawi. Masa iya semua booth-nya dituangkan begitu saja tanpa ada fitur-fitur yang membuat nyaman pengguna? Perlu berbagai rekayasa coding-an agar pengguna dapat mengetahui mana lapak yang mengupas kuliner, mengulas jasa public speaking, membahas ATK. Ini baru contoh, yang lain? masih banyak :)
  • Kedua design yang menjadikan konsep sederhana ini dibalut keindahan yang menawan. Kalau cuma kotak-kotak berisi logo tentu sangat datarrr. Mungkin bisa divariasikan pintu masuknya berupa pintu, ataukah matriks, ataukah tematik yang unik
  • Ketiga relation yang menghimpun keunggulan virtual booth ini menjadi sebuah paket kerja sama yang menarik bagi pengisi virtual booth serta pengunjungnya.
Ngomong-ngomong kerja sama, bagaimana konsep income-nya? Ada dua opsi.
  • Satu, jalankan secara gratis, hehee, ya itung-itung CSR-nya BEM/himpunan lah... :v
  • Dua, komersilkam fitur-fitur di dalamnya. Plot durasi, plot layout, hingga fitur-fitur lain yang bisa jadi kelebihan dari virtual booth yang disediakan
Kalau di directory.indonesiakreatif.net masih simpel, pasti ada desainer dari mahasiswa mampu lebih kece :)

Terus timbul pertanyaan kenapa harus ada virtual booth ataupun direktori beginian? -_-" dagang ya dagang aja sana...
Guys...wirausaha itu sebuah keinginan yang sangat mulia. Tentu potensi yang luar biasa dan sangat mungkin terus berkembang. Ketika ada mahasiswa yang memerlukan bantuan dan kesempatan untuk mengembangkan wirausahanya tentu jadi panggilan bagi BEM ataupun himpunan atau juga ormawa yang terkait:)
Selain itu, bagi ormawa yang ingin menyelenggarakan sebuah kegiatan dan membutuhkan topangan sponsor, keberadaan virtual booth ini tentu akan membantu karena dapat memperoleh informasi mahasiswa mana yang bisa diajak bekerja sama, entah itu menopang logistik, jasa dll.
Bagi mahasiswa yang biasa namun ingin belajar dari mereka yang telah merintis jalan, tentunya keberadaan virtual booth ini menjadi inspirasi yang sangat membantu
Tak lupa bagi mahasiswa pemilik virtual booth, dia memperoleh kesempatan ingin memiliki sebuah ruang digital tempat promosi, galeri produk, unjuk portofolio, membuka lowongan kerja, menawarkan kerja sama, berekspresi kreatif dalam berwirausaha, ahhh pokoknya banyak dah.. :)

Semoga menginspirasi :))

Monggo yang mau diskusi *nggakjugagapapa*

No Response to "Direktori Lokal Entrepreneur Kampus"