Kesehatan Iman Mukmin

Sebuah rangkuman tentang ceramah bada Dhuhur di Masjid UI Salemba 21 April 2014

4 indikator kesehatan iman mukmin
Tenggelam dalam ibadah membuka cakrawal perasaan ketinggian dan memberikan bantuan untuk terlepas dari berbagai kepedihan dan tekanan jiwa serta kesembuhan dari berbagai kegoncangan seperti kegeisahan, stress, depresi dengan berbagai efek fisik lainnya.

Sakanah - Ketenangan hati
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik."(Ar-Ra`d: 28-29)

"Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana" (Al-Fatĥ:4)

Hamasah - Semangat
"Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan" (Al-'Anfāl:24)

"Bersemangatlah meraih apa yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan Allah dan jangan pernah merasa lemah" (HR Muslim dari Abu Hurairah)

Ghirah - Cemburu
"Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu. Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir (musyrik). Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, yaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam siksaan. (Al-Mā'idah:78-80)

Al Haya u - Malu
"Barangsiapa diantara kalian melihat kemungkaran, hendaklah mengubahnya dengan tangannya jika tidak mampu maka dengan lisannya. Jika tidak mampu, maka dengan hartanya dan inilah iman orang paling lemah" (HR Muslim)

No Response to "Kesehatan Iman Mukmin"