Kala Jersey (utama) Bukan dari Bendera

Timnas Indonesia, Timnas Brazil, Timnas Prancis, Timnas Uruguay, Timnas Argentina punya kesamaan lho... Apa ya? mmm, juara dunia? kejauhan...saat ini sih belum...apa ya? Coba deh lihat warna jersey-nya yang home/utama.
Indonesia merah, Brazil kuning, Prancis biru, Uruguay biru muda, Argentina biru muda-putih. Biasa saja tuh?
Sepintas memang biasa saja, namun dalam konteks persepakbolaan, warna jersey lebih dari sekedar pembeda dengan warna jersey lawan. Kenapa? Karena jersey merupakan sebuah kebanggaan tim, nilai identitas yang penuh filosofi, sekilas lebay, tapi itulah kenyataannya hehee..
Apalagi jika dipadukan dengan unsur nasional atau kebangsaan berkebanggaan, tentu bukan sekedar penghias mata. Ada identitas negara di situ. Kebetulan pula filosofi agak mirip ditemukan pada pemilihan warna bendera suatu negara. Karena itulah (umumnya) negara-negara di dunia mempergunakan warna yang mengadopsi bendera mereka ke dalam jersey sepak bolanya. Ada yang warna dominan bendera, ada pula yang warna minor, namun secara garis besar ada ikatan kuat antara warna jersey dengan warna bendera. Misalnya ya itu tadi, selain itu? Lihat merahnya Turki, merahnya Vietnam, hijaunya Arab Saudi, ungunya Qatar, kuningnya Ukraina putihnya Honduras, hingga yang paling unik kotak-kotak merah-putihnya Kroasia.

Tapi....jika lebih jeli lagi, fenomena itu ternyata tidak berlaku bagi sejumlah negara dengan alasan yang tak kalah filosofisnya, siapa saja mereka??



Italia dengan jersey biru (warna bendera: hijau-putih-merah)
Republik Italia mempunyai hubungan erat dengan predesesornya yaitu kerajaan Savoy yang memiliki warna khas biru.

Belanda dengan jersey orange (warna bendera: merah-putih-biru)
Seperti Italia, faktor sejarah kerajaan pendahulu jadi alasan dimana Kerajaan Oranye-Nassau dengan khas oranyenyalah yang menjadi inspirasi.

Jerman dengan jersey putih (warna bendera: hitam-merah-kuning)
Banyak versi yang dikaitkan dengan sejarah. Yang paling dipercaya adalah bendera Republik Weimar sebagai predesesor Jerman yang memiliki unsur warna hitam-putih-merah dan putih yang dipilih sebagai kaos dan hitam untuk celananya.

Australia dengan jersey kuning-hijau (warna bendera: biru-putih-merah)
Kali ini terkait dengan branding dimana hijau dan kuning (emas) merupakan warna yang ditetapkan oleh pemerintah Australia sebagai warna khas olah raga di negeri kanguru tersebut.

Slovenia dengan hijau (warna bendera: putih-biru-merah)
Inspirasinya dari pegunungan yang hijau sebagai ikon khas negeri itu. Agak mirip dengan Indonesia yang kerap memakai ornamen hijau karena memiliki alam yang hijau hehee.

Selain itu masih ada beberapa negara lagi seperti Irlandia Utara yang hijau (bendera putih-merah), Jepang yang biru (bendera: merah-putih), Ghana yang putih (bendera: merah-kuning-hijau-hitam)

Referensi: http://www.wsc.co.uk/forum-index/34-world-cup-2010/399033-why-do-slovenia-wear-green

No Response to "Kala Jersey (utama) Bukan dari Bendera"