4 Ciri Taqwa menurut Ali

Ada yang menarik dari khotbah Sholat Jumat hari ini. Topiknya berangkat dari hal yang sederhana  dengan penyampaiannya yang singkat dan bahasa yang efektif namun berbobot isinya, yaitu tentang taqwa dimana definisi yang diambil kali ini adalah bersumber dari sepupu sekaligus menantu Rasulullah, yaitu Ali bin Abi Tholib.

Dalam bukunya Ahlur Rahmah,Syeikh Thaha Abdullahal Afif mengutip ungkapan sahabat Nabi Muhammad saw yakni Ali bin Abi Thalib ra tenteng taqwa, yaitu :Takut kepada allah yang Maha Mulia, mengamalkan apa yang dimuat dalam at tanzil (Al-Qur�an), mempersiapkan diri untuk hari meninggalkan dunia dan ridha (puas) dengan hidup seadanya (sedikit).

Ada empat ciri-ciri orang yang bertaqwa, yaitu
- Memiliki rasa takut kepada Allah sehingga apa yang diperbuat semata untuk Allah bukan sekedar menopengi diri atas opini orang lain. Dan puasa di bulan Ramadhan lalu menjadi salah satu momen untuk menguatkan ciri pertama ini
- Memiliki dasar dalam beramal. Jadi yang tepat adalah mencari dalil lalu bertindak, bukan bertindak dan baru cari tahu dalil yang memperbolehkannya.
- Visioner terhadap masa depan
- Tawakal terhadap apa yang direzekikan kepada dirinya

No Response to "4 Ciri Taqwa menurut Ali"