Ada Singapura di MSL dan Ada Malaysia di S.League

Singapura dan Malaysia merupakan dua negara yang memiliki kesamaan histori, yaitu merupakan eks-koloni Inggris di wilayah Asia Tenggara. Bahkan Singapura pun sebelumnya merupakan wilayah Malaysia pasca penjajahan Inggris. Lebih jauh lagi, kedua negara ini di masa lalu sempat menjadi wilayah dari Kekaisaran/Kerajaan Majapahit yang termahsyur itu. Uniknya, hubungan yang saling terkait diantara dua negara ini masih berlanjut dalam urusan kompetisi domestik.

Seperti Indonesia, Malaysia baru menyadari pentingnya kompetisi semi-pro di dekade 1980-an yang kemudian dikonversi menjadi liga profesional. Liga-M meupakan  "plat" resmi kompetisi di Malaysia sejak 1993. Sejak 2004, kompetisi ini berganti kulit menjadi Malaysia Super League di kasta tertinggi dan Malaysia Premiere League di bawahnya. Sejak Liga-M digulirkan, Singapura perlahan memiliki andil sebagai salah satu kontestan liga tersebut. Secara perlahan pula, Singapura mampu menjadi salah satu kekuatan yang diperhitungkan di Liga-M maupun MSL.

Kesuksesan ekspansi ini di tahun 1996 menjadi tonggak berdirinya Singapore League alias S.League sebagai kompetisi mandiri profesional di Singapura. Uniknya kompetisi ini juga sempat memiliki beberapa klub "titipan" dari negara lain, diantaranya Albirex Niigata (Jepang), Harimau Muda B (Malaysia), Duli Pengiran Muda Mahkota (Brunei Darussalam), Sinchi (Tiongkok), Etoile (Prancis), Super Reds (Korea Selatan) Super Afrique FC (imigran asal Afrika). Uniknya Duli Pengiran Muda Mahkota ini merupakan klub asal Brunei Darussalam yang baru masuk di S.League sejak 2009 dan tebak apa berlaga di kompetisi mana mereka sebelumnya? Yups, Malaysia Super League.

Perhatikan pula adanya sebuah klub bernama Harimau Muda B asal Malaysia. Artinya ada klub Malaysia di kompetisi milik Singapura. Dan mari cermati Malaysia Super League pada gelaran ke 2012 dan 2013. Ada klub yang meraih gelar runner up di tahun 2012 dan juara pada 2013-nya. Klub itu bernama LionsXII. Mau tahu klub apa ini? Ternyata ini merupakan sebah klub privat milik Singapura. Wah wah wah, unik juga dua negara ini.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Malaysia_Super_League
http://en.wikipedia.org/wiki/S.League

No Response to "Ada Singapura di MSL dan Ada Malaysia di S.League"