Review Heisei Rider vs. Showa Rider

Nama resmi film ini adalah Heisei Rider vs. Showa Rider
Dibuka dengan terlemparnya Kabuto cast-on mode, yang langsung dihentak dengan adu "strong" dengan Stronger. Kabuto yang memiliki tagline "strongest" berhasil menyingkirkan Stronger, namun mendadak muncul Skyrider yang melenyapkannya dan dilanjut lenyapnya Skyrider oleh Fourze. fourze kemudian dilumat oleh ZO yang akhirnya ditaklukan oleh Gaim lewat Suika Arm-nya. Dari prosesi kalah-mengalahkannya bisa ditebak bahwa ini pertarungan antara generasi Showa vs Heisei. Dan kemanakah Kamen Rider yang hilang? Ternyata mereka menjadi lockseed yang "nggak tahu kenapa" langsung berstatus koleksi Shocker.

Konsep penggabungan dunia antar Kamen Rider yang pertama kali dipelopori oleh Decade menjadi sajian yang mendasari bertemunya dua pahlawan "orde lama" versus "orde baru".


Baru berjalan tidak lebih dari 10 menit (dari total 108-an menit) seorang bintang tamu yang menggebrak di movie ini, yaitu pemeran asli Ichigo Hiroshi Fujioka. Ia merupakan pemeran pertama kamen rider, sebuah serial khas Jepang yang berusia lebih dari 40 tahun. Apakah hanya dia bintang tamunya? BTW, mengapa saya sebut bintang tamu? Karena di beberapa movie sebelumnya, pemeran yang hadir hanyalah pemeran-pemeran kamen rider yang terkini. Sebagai contoh, saat movie Blade, Ryuki, Kiva, Hibiki dll, tidak ada sosok pemeran kamen rider sebelumnya. Tatkala menggusung  nilai plus berupa menghadirkan sosok kamen rider terdahulu, jumlahnya hanya satu dua. Misalnya Tetsuo Kurata, pemeran Kotaro Minami di Decade movie. Yang kerap hadir sebenarnya lebih didominasi "topeng dan kostum" dari kamen rider terdahulu. Nah bagaimana dengan movie ini? Siapa saja "pelaku sejarah" yang kembali mengukir sejarah?
Masih inget sosok yang berkaos pink dan jas abu-abu?

Hayo ada yang bisa nebak siapakah dua sosok yang sedang berbincang-bincang itu? Sebagai "bocoran" kedua asyik berdiskusi di malam hari dan keesokan harinya bertarung sebagai X-rider dan Faiz.

Kalau di awal movie, pertarungannya satu lawan satu. Nah, memasuki pertengahan movie, yang disajikan mulai pertarungan kelompok. Black feat Black RX versu Joker vs Baron (nggak ngerti kenapa yang ini yang diduetin, apa nggak mending Zangetsu oleh Takatora dengan Shin Zangetsu oleh Mitsuzane ya?)

Biasanya kan muncul pengkhianat di kubu "baik", btw kenapa malah musuhnya itu mata-mata berwujud ZX? Agak bingung mencerna yang bagian ini >__<

Bisa dibilang yang menjadi nilai jual dari film ini adalah reuninya beberapa tokoh legendaris yang pernah menjadi lakon kondang dari berbagai dekade. Yups, ada pemeran Ichigo, ZX, X-rider, Faiz, Joker (separuhnya W). Terkait cerita dan tema, belum ada sentuhan yang menggebrak. Bagaimanapun juga durasi 100 menit jelas jadi kesulitan tersendiri mengingat waktu pengerjaan yang tidak banyak.

Walau demikian, ada stagnan yang patut diperbaiki terkait cerita dan kemenarikan adegan yang ada. Pertama dari musnahnya kamen rider satu per satu yang justru menjelang akhir film dibangkitkan dengan berbagai cara. Hal ini sudah terjadi entah yang keberapa sejak pertama kali dicetuskannya "reuni akbar" kamen rider di Decade versi movie. Kedua sosok Ichigo yang masih menjadi dominator di kubu Showa meskipun perlahan mulai dikurangi dengan kesediaan X-rider untuk menyampaikan sepatah dua patah kata saat berlaga. Padahal di kubu Heisei, kebiasaan kamen rider paling muda sebagai "juru bicara" sudah mulai dikurangi. Di movie ini justru sosok Tsukaya lebih memegang peran sebagai "perekrut" kembalinya para kamen rider Heisei ketimbang Gaim dkk-nya. Ketiga gerakan yang "berjelalatan" sebagaimana diumbar di W versi movie justru agak minim di situ. Well, yang paling mengheran dari berbagai konsep fiksi di dalamnya adalah "sulapan" Joker yang ter-lockseed tapi ketika di-unlock justru menjadi W, lho kapan datengnya nih Bro Philip? o_O


Pakem "mendadak bangkit" ini kayaknya perlu dibuat lebih dramatis (IMHO)

Klimaks film ini sendiri terbagi menjadi dua
Pertama diawali dengan laga pamungkas jilid 1 saat rider-rider yang tersisa (Ichigo, Niigo, V3, Riderman, X-rider, Amazon, dan Black di pihak Showa serta OOO, Decade, Joker, Kiva, Faiz, Wizard, dan Gaim di kucu Heisei). Sebelum laga, seperti biasa Om Tsukaya menyampaikan wejangan versi bijaknya hehee. Di tengah laga sendiri muncullah Shocker  beserta kamen rider Fifteen. Di kemelut perang itulah akhirnya lockeed para rider bisa di-release sehingga seluruh kamen rider bisa melanjutkan "reuni" mereka.

Klimaks kedua terjadi saat Shocker dan Fifteen bisa diatasi. Kali ini pertarungan dilangsungkan di pinggir pantai dimana ending-nya agak...agak...agak filosofis.

Emang bagaimana ending-nya? Langsung aja setel movie-nya Kawan :)

Kalau tiap kamen rider punya instagram mungkin bakal aplod foto yang sama macam gini >__<

No Response to "Review Heisei Rider vs. Showa Rider"