Al Qur'an memang Istimewa

Muhjizat
Ketika Nabi Ibrahim AS dianugerahi muhjizat mampu bertahan saat dibakar api, lalu Nabi Musa AS mampu membelah lautan serta muhjizat para Rasul lainnya, maka Nabi Muhammad memperoleh muhjizat Al Qur'an. Apa istimewanya muhjizat satu ini? Keberadaannya masih ada walau Sang Rasul sudah wafat.

Suci
Ayat-ayat Al Qur'an terjaga kemurniannya dari berbagai pengaruh penyelengan isi di dalamnya. Ketika ada umat kafir yang berniat melakukan pengrusakan terhadap ayat-ayat Al Qur'an, misalnya menyusupi kalimat-kalimat buatannya, maka segera dapat dibongkar. Peran kita juga untuk senantiasa mempelajari Al Qur'an agar kita bisa ikut menjaga kemurnian dan kesucian Al Qur'an

Pembeda hak dengan yang batil
"Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (Al-Baqarah:185)

"Bahkan mereka mengatakan: "Dia (Muhammad) telah mengada-adakan dusta terhadap Allah". Maka jika Allah menghendaki niscaya Dia mengunci mati hatimu; dan Allah menghapuskan yang batil dan membenarkan yang hak dengan kalimat-kalimat-Nya (Al Quran). Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati." (Ash-Shūraá:24)

Sumber hukum
"Ini adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam)nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya." (An-Nūr:1)

"Demikianlah Allah menerangkan kepadamu ayat-ayat-Nya (hukum-hukum-Nya) supaya kamu memahaminya." (Al-Baqarah:242)

"Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam." (Yūnus:37)

Penyembuh
"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (Yūnus:57)

Disarukan dari kajian Al Qur'an Masjid Ukhuwah Islamiyah, Depok, 8 Juli 2014

No Response to "Al Qur'an memang Istimewa"