Custom Post Type

Apa itu Custom Post Type?
Simpelnya suatu jenis Post di dalam WordPress yang memiliki karakteristik khusus dibandingkan standar Post yang telah ditetapkan oleh WordPress.

Sebagai contoh, saya akan membuat portal informasi tentang Liga Champions, tentu di dalamnya terdapat informasi tentang klub, negara, pemain, pelatih, hingga stadion, yang saling berkaitan. Tentu karakteristik masing-masing Post yang memuat informasi-informasi tadi akan berbeda-beda, namun besar kemungkinan adanya keterkaitan informasi. Di sini kegunaan Custom Post Type untuk memodifikasi struktur Post secara special.
Pembuatan Custom Post Type in syaa Allah sederhana,



Pertama buat sebuah file yang mendeskripsikan definisi dari Post Type yang akan kita pergunakan. Sebagai contoh, di sini saya membuat post type untuk Kamen Rider hehee  Sebagai catatan, untuk nama variable pada psot type tidak mengandug spasi, sedangkan untuk proses pelabelannya diperkenankan memakai spasi. Jadi nama post type-nya kamenrider, namun labelnya Kamen Rider.


Kedua, simpan file tersebut dengan lokasi sesuai aturan baku file management si sistem masing-masing, umumnya di dalam ‘include’ ataupun ‘inc’. Lalu panggil di dalam function.php.

Cieee...udah muncul di Dashboard

Ketiga, buka Dashboard (umumnya via WP-admin). Di sini kita sudah dapat mengaktifkan post type yang telah dibuat. Secara default, post type ini akan memakai template bernama single-.php standar single post-nya serta archive-.php sebagai standar pengarsipannya. Apabila masing-masing tidak ada maka single.php dan archive.php akan otomatis dipergunakan untuk menanganinya.

Tampilan yang masih memakai single.php

Contoh modifikasi pada single-kamenrider.php

Hasil modifikasi pada single-kamenrider.php


Lho tiga doank beneran? Yups, garis besar hingga pengaktifan hanya memerlukan tiga tahapan ini. Namun ke depannya sangat mungkin memerlukan modifikasi seperti penayangan konten tertentu berdasarkan parameter tertentu. Nah itu yang bakal diulas di post edisi mendatang  Kapan? Segera, ga usah buru-buru amat, macam yang dijelasin baru udah beres aja hehee

No Response to "Custom Post Type"