Biasanya Mushola, tapi ini Masjid

Kejadian agak unik saya temukan di sebuah masjid di kawasan apartemen dan perbelanjaan di Kalibata, Jakarta Selatan. Kejadian unik ini sebuah masjid yang terletak di basement yang bisa dibilang tingkat kemakmuran dan keaktifan patut di-alhamdulillah-i. Mengapa demikian?

Masjid yang bernama Nurullah ini memang sepintas agak nyempil dimana untuk menuju ke situ kita perlu menyusuri food court serta berseberangan dengan area parkir. Dengan akses menuju ke masjid (yang awalnya hanya saya kira mushola) tentu nggak terbayang bahwa masjid Nurullah ini sangat nyaman. Areanya luas sehingga daya tampungnya juga sangat mendukung pemenuhan kebutuhan spiritual muslim yang ada di situ. Tempat wudhu yang biasanya penuh antrian mampu diatasi dengna jumlah dan luas yang relevan. Secara fisik masjid ini nyaman (apalagi ada AC-nya #eh #salahfokus).



Nah itu tadi secara fisik, secara "kehidupan"??

Masya Allah di Nurullah suasananya bukan sekedar mushola yang kosong melompong sekedarnya. Di sini ada DKM yang strukturnya sangat rapi (ada di madingnya) dengan kegiatan yang memakmurkannya masjid tersebut. Ada TPQ, ada peringatan hari besar agama, serta yang tak kalah kerennya adalah ada kajian harian dengan pembagian topik per hari serta diisi oleh ustadz-ustadz yang komepeten di bidang tersebut. Ada tentang fiqih, aqidah, dll yang merupakan "santapa penuh nutrisi" bagi muslim yang harus sehat rohaninya. Kebetulan Ramadhan lalu sempat mampir ke masjid ini ketika menjelang Maghrib dan sungguh terharu melihat keaktifan masjid tersebut. Dan lebih terharu karena keaktifannya istiqomah walau sudah tidak Ramadhan.

Semoga menjadi inspirasi

No Response to "Biasanya Mushola, tapi ini Masjid"