tentang 5 Perkara itu...

Berawal dari diingatkannya tentang sebuah hadis melalui khotbah Sholat Jumat di Pasar Minggu yang kemudian saya cari.

“Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. at-Tirmidzi no. 2416, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, jilid 10, hal 8, no. 9772 dan Hadits ini telah dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 946)

Rasanya jleb banget... Kenapa?

Umur saya buat apa ya?
Aduh terlalu dijejali target tahun segini pengin jalan ke sini, tahun sekian pengin jalan ke sana, tahun berapa mau jadi apa. Dan hanya tertegun ketika menanyakan ke diri sendiri tentang target amalan yang akan mengisi umur ini

Masa muda saya buat apa ya? 
Ngegalau? Kecapean nonton bola? Sok asyik ngoding? Kebanyakan wacana =_=

Darimana harta ini? Buat apa saja?
Alhamdulillah pekerjaan saat ini halal, namun bagaimana menghabiskannya sungguh memilukan diri sendiri karena masih sedikit shodaqoh

Ilmu apa yang telah diamalkan?
Masih sedikit ilmu yang saya punyai dan lebih sedikit lagi yang saya bagi.

Maka solusi terbaik adalah menyusun ulang rencana menghabiskan usia ini dengan amalan yang bermutu. Stop wacana, mulailah bertaubat.




No Response to "tentang 5 Perkara itu..."