Ada Logo yang Unik, eh Itu Kota Pekalongan Ternyata

Seperti biasa siang-siang baca Wikipedia Indonesia. Kebetulan membaca kumpulan logo-logo kota di Indonesia, mulai dari kawasan Sumatera, hingga tiba-tiba terhenti di sebuah logo di kawasan Jawa. Sebuah logo bentuknya sangat tidak lazim. Kenapa tidak lazim? Karena logo sebuah kota (sebagaimana provinsi dan kabupaten) cenderung mengacu bentuk tameng. Begitu menengok ke bawah, lho itu Kota Pekalongan. Bukannya Kota Pekalongan itu tameng warna biru kuning hijau dengan khasnya canting dan ikan?

Logo-logo kota di Indonesia di Wikipedia Indonesia

Setelah mencari-cari informasi, ternyata logo tersebut memang logo "resmi" Kota Pekalongan. Wah langsunglah saya kepo proses penggantian logo di kota yang memang kreatif tersebut. Selain proses kreatif di dalam pembuatannya, tentu ada tantangan birokrasi dan kontroversi di dalamnya. Namun pada akhirnya, pemerintah Kota Pekalongan mampu meng-goal-kan rencana unik tersebut.

Logo resmi yang terpampang di Kota Pekalongan

Logo ini saya suka karena konsep asimetris dan, tak bisa dibantah lagi, sangat unik. Dari kejauhan akan langsung dapat ditebak bahwa ini adalah logo Kota Pekalongan. Sebagai mantan penghuni Kota Pekalongan (selama 1,5 bulan saat Geladi hehee), saya bangga dengan logo tersebut :)

No Response to "Ada Logo yang Unik, eh Itu Kota Pekalongan Ternyata"