#PernahNgedesain The Next Indonesia

Alhamdulillah akhirnya bisa dengan (penuh) kebanggaan bisa menyaksikan hasil imajinasi yang terwujud. Pertama-tama, ini bukan promosi buku, itu bukan jobdesc ataupun kemahiran saya. Di sini, saya bercerita ceria tentang proses kreatif di dalam mendesain buku ini. Setelah pembuatan desain buku ini usai, rasanya sungguh campur aduk, antara sumringah, lega, kurang puas (hehee), dan pastinya bersyukur. Mengenai proses pembuatan desain cover sedikit berbagi cerita. Harapannya bisa memberi inspirasi bagi Kawan-Kawan dalam lebih bersemangat membuat desain-desain yang kece.

 Cover yang telah dicetak (sumber: Bang Zainal C. Airlangga)

Desain cover ini terinspirasi dari sebuah katalog sebuah vendor perhiasan (yang saya nggak tahu apa merk-nya) berupa kotak-kotak diagonal yang sangat full color. Inspirasi tersebut memacu saya membuat paduan ide yang mengedepankan unsur simpel dan elegan (sesuai permintaan PM, ZCA) disintesiskan dengan unsur potret masa lalu, kini, dan depan Indonesia (cerminan substansi buku ini). Kemudian sintesis ini menghasilkan ide besar yang saya bagi menjadi dua, yaitu latar depan dan latar belakang.

Latar belakang berupa deretan foto-foto yang berbentuk kotak diagonal yang "dibungkus" layar benderang merah-putih. Layar ini diberi efek transparan serta ditata diagonal. Efek transparan ini menjadikan foto-foto di belakangnya tetap terlihat namun lebih "adem" serta tidak saling beradu warna. Tatan diagonal ini akan menjadi ciri khas latar belakang.

Latar depan terdiri atas dua bagian utama, yaitu sekelompok foto utama yang membentuk hati serta tulisan "the next INDONESIA". Foto utama berbentuk hati ini menjadi representasi kecintaan terhadap Indonesia dengan menyimpan berbagai peristiwa (bersejarah maupun teraktual) dimana kita harus menjadi solusi. Kumpulan foto ini sebenarnya bagian dari kumpulan foto pada latar belakang yang saya "kirim" ke depan serta diwarnai dengan aslinya. Tulisan "the next" diwarnai abu-abu sebagai perlambang misteriusnya masa depan. Sementara itu tulisan "INDONESIA" berwarna merah tentu mewakili kebanggaan akan negara ini serta menjadi kekuatan sebagai titik perhatian utama cover ini.

Semoga menginpirasi :)

No Response to "#PernahNgedesain The Next Indonesia"