#PernahNgedesain Daftar Pengurus HIMMPAS UI 2015

Ini merupakan salah satu desain paling lawas di awal kepengurusan HIMMPAS UI yang saat itu masih dini-dininya. Desain ini bingung saya sebut apa. Apakah organigram? Apakah pengumuman hasil rekrutmen pengurus HIMMPAS? Apakah apa-apa? Kebetulan pula sejak ditayangkan di "temu perdana" belum ada pembaruan ataupun penyesuaian ulang desain. Dengan demikian, saya hanya menyebutnya sebagai daftar pengurus yang "tidak pernah diselesaikan". Harapannya, ada perbaikan besar-besar sehingga di company profile HIMMPAS pengurusan berikutnya bentuknya lebih terdefinisi.





Ikonik Komponen di dalam Kepengurusan
Ini bukan hal yang baru dalam sebuah organisasi untuk membuat logo tematik yang berupa ikon tertentu mewakili area kerja divisi/departemen/bidang. Hal ini juga coba saya kemukakan lewat 8 ikonik dengan maksud masing-masing. Ada kompas bagi Ketua, gerigi (lambang motorik) bagi Kesekjenan, lembaran uang bagi KFr, bola lampu bagi PSDM, percakapan bagi Humin, globe bagi Akpro, buku bagi StarBag, senyawa bagi Korfak.

Warna Tematik
Agak sulit menentukan 8 warna yang mudah dikenali perbedaannya serta mampu dibaca dengan latar belakang cerah. Sejujurnya hanya 3 warna yang punya filosofi, lainnya tidak ada pertimbangan khusus selain keterbacaan dan keunikan. 3 warna yang dimaksud adalah biru bagi Ketua (khas HIMMPAS UI), hijau muda bagi KFr (khas mmm, gimana ya bilangnya ya? ya juru uang itu identik warna ijo), oranye bagi PSDM (melambangkan keceriaan yang dinamis anak muda). Jika Kawan-Kawa cermat, ada dua kubu yang terbangun hasil dari pewarnaan ini, yaitu warna hangat di kiri dan warna kalem di kanan. Ini tidak ada maksud politis, namun dipengaruhi faktor estetika agar lebih selaras.

Penulisan Identitas Nama Tiap Bidang
Ini yang paaaling susah dan memakan waktu berjam-jam (karena emang gw-nya cupuu). Tantangan untuk menyusun letak nama-nama tiap pengurus sesuai bidangnya. Awalnya semua nama dibuat dalam bentuk kotak berlatar belakang sesuai warna khas tiap bidang dan warna huruf putih. Tapi hasilnya kacau ramai macam kapal pecah. Selain itu white space yang tersisa sangat kecil. Alhasil diubahlah modelnya menjadi hanya huruf dengan warna sesuai bidang tanpa latar belakang. Hasilnya lebih rapi dan membuat white space yang nyaman. Walau demikian, model kotak saya pertahankan untuk koordinator tiap divisi. Bayangan saya ini akan lebih hemat daripada menuliskan "Koordinator:". Alhamdulillah perbedaan bentuk ini bisa langsung dikenali sebagai koordinator.

Latar Gradasi Lebar
Ada empat warna selaras yang sebenarnya masih bisa dihitung sebagai satu palet, yaitu warna kuning pupus. Ini menjadi permainan warna yang meningatka pada khasnya UI namun dalam suasana kalem. Tentu perlu dipilih kuning yang kalem agar tidak "berantem" dengan warna objek-objek di atasnya.

PR
  • Komponen yang paling "ngambang" di situ adalah Korfak. Sulit untuk melengkapi kekurangan pada komponen ini. Alasannya ada dua. Pertama space yang tersisa susah sempit. Korfak juga menjadi pengurus melalui bidang lainnya, agak susah menentukan apakah akan menulis nama orang dua kali ataukah diberi panah. :(
  • Menyusun penggunaan ikonik merupakan hal yang juga menjadi lahan eksplorasi kreativitas. Sayang banget kalau nggak dimanfaatkan.

Semoga menginspirasi

No Response to "#PernahNgedesain Daftar Pengurus HIMMPAS UI 2015"