Jangan "Sudah Cukup Segini Saja"

Ilmu dan zaman, keduanya adalah paduan yang memiliki tautan, yaitu terus berkembangnya ilmu seiring waktu bergulir. Karena itu, sungguh merugi jika kita merasa "sudah cukup begini saja" atas ilmu yang kita miliki. Mungkin untuk konteks saat ini terasa cukup. Namun di masa mendatang era terus berkembang,tantangan senantiasa membesar, maka ilmu kita patut ditingkatkan. Dan cara sederhana untuk meningkatkan ilmu adalah dengan 'mengosongkan gelas' agar kita bisa lebih mendengar, lebih jeli mengamati, lebih memahami kekurangan, serta tentunya lebih bebas dan objektif dalam memperbaiki diri.

Dua dari tiga hobi utama saya adalah tentang menulis serta mendesain. Keduanya kebetulan sudah saya senangi dari era SMP. Cara menulis saya, cara mendesain saya, bahkan dasar pengetahuan saya harus terus diperbaiki.

Kita pantang memaksakan diri berpendapat bahwa cara kita bekerja, terutama menulis dan mendesain bagi saya, adalah yang paling benar. Boleh jadi untuk kasus-kasus kemarin bisa membuahkan hasil yang diinginkan. Namun kita harus berkembang. Boleh jadi ada potensi kita untuk menghasilkan karya yang jauh lebih baik dengan cara di luar kebiasaan kita selama ini. Boleh jadi ada kekurangan yang selama ini terpendam, terutama gegara terlena atas sanjungan orang, yang keselip dan solusi ke depannya adalah memperbaiki cara bekerja/berkarya kita. 

Misalnya dalam konteks menulis, kita bisa menghasilkan tulisan untuk paper yang cepat. Namun ternyata cara kita menulis masih rawan 'dianggap' plagiat lantaran bahasanya terlalu banyak kemiripan dengan sumber aslinya. Boleh jadi tulisan kita banyak memakai kalimat majemuk yang oleh pembaca sekarang masih gmapang dipahami, tapiii apakah pembaca di 5-10 tahun mendatang nyaman dengan cara menulis kita. Pun dengan desain, sangat mungkin idealisme kita sudah kurang menjual 3-5 tahun mendatang.




No Response to "Jangan "Sudah Cukup Segini Saja""